BMKG: Curah Hujan Tinggi di Sulsel Selama Tiga Hari Kedepan!

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap curah hujan yang cukup tinggi selama tiga hari kedepan.

Kepala BKMG Wilayah IV Makassar A. Fachri Radjab, mengatakan curah hujan lebih dari 100 mm dalam 24 jam tercatat di Balai BMKG Wilayah IV Makassar (166mm) dan di Stasiun Meteroologi Maritim Paotere (150 mm) dan 162.5 mm (Stamet Hasanuddin Makassar).

“Dalam beberapa hari terakhir ini hujan turun cukup deras di beberapa lokasi di wilayah Sulawesi Selatan. Curah hujan dengan intensitas lebat ini terjadi karena adanya daerah pertemuan angin disekitar wilayah Sulawesi Selatan bagian barat dan juga karena adanya angin baratan yang membawa uap air,” jelas Fachri, melalui keterangan resminya Jumat 22 Desember 2017.

Lanjut Fachri, kondisi ini menyebabkan meningkatnya pertumbuhan awan dan hujan di sekitar wilayah Sulawesi Selatan, khususnya Sulawesi Selatan bagian barat.

Hujan dengan intesitas sedang – sangat lebat, sebut Fachri diperkirakan masih berpotensi terjadi dalam 3 hari kedepan terutama di wilayah Kota Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Pinrang, Parepare, Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng.

“Angin yang bertiup di atas wilayah Sulawesi Selatan pada umumnya dari arah Barat-Barat Daya dengan kecepatan 05 – 21 knot,” sebut Fachri. (**)