2018 DPRD SULSEL Rancang 26 Ranperda

Legislator DPRD Sulsel Yusran Sofyan (kanan).

Legislator DPRD Sulsel Yusran Sofyan (kanan).

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan mewariskan dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) di tahun 2018.

“Dari Ranperda yang bisa diselesaikan hingga akhir tahun 2017 sebanyak tujuh yang realisasi, delapan berproses, sisanya dua pindah tahun depan, dengan jumlah total produk 17 Ranperda tahun ini,” sebut Wakil Ketua DPRD Sulsel, Yusran Sofyan di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu 31 Desember 2017.

Menurutnya, tujuh produk Perda yang diselesaikan sudah melalui pembahasan yang cukup alot, sementara delapan yang masih berproses tersebut, sudah ada Panitia Khusus (Pansus) yang akan menyelesaikan.

Mengenai dengan sisa dua Ranperda warisan yang tersisa itu, kata Dewan Penasehat Gerindra Sulsel ini, akan dimasukkan dalam penggodokan tahun depan.

“Tahun depan kami kembali merencanakan 26 Ranperda untuk di jadikan produk Perda termasuk Ranperda tersisa tadi. Kami berupaya membuat produk hukum untuk dipergunakan masyarakat,”ucap Yusran.

Selain itu, guna mengoptimalisasi produk Perda yang sudah dihasilkan DPRD Sulsel, pihaknya telah dimasukkan nomenklatur anggaran untuk disosialisasikan kepada masyarakat yang selama ini belum diketahui publik secara luas.

“Tahun depan sudah ada anggaran untuk mensosialisasikan produk Perda yang dihasilkan dewan. Langkah ini dilakukan sebagai cara massif mengenalkan produk Perda ke pada masyarakat,” paparnya kepada awak media dalam rilis akhir tahun 2017.(**)