Warga Keluhkan Pelayanan di Disdukcapil Polman

Suasana pelayanan di Dinas Catatan Sipil Polman.

Suasana pelayanan di Dinas Catatan Sipil Polman.

POLMAN, DJOURNALIST.com – Awal tahun baru menjadi hal yang mengecewakan bagi puluhan masyarakat Polewali Mandar yang hendak mengurus persuratan di Kantor Dinas Kependudukan Catan Sipil (Disdukcapil), Selasa 2 Januari 2018.

Sekretaris Kesatuan Pelajar Mahasiswa Polewali Mandar, Aldy Widianto mengatakan, kemajuan Polewali Mandar sangat bergantung pada perwakilan yang telah mengemban amanah dari rakyat dalam hal ini kemajuan tersebut ditentukan oleh pemimpin-pemimpin daereh itu sendiri baik eksekutif maupun legislatif.

“Hari Selasa 2 Desember 2018 di salah satu instansi di Polewali Mandar yang melayani rakyatnya dalam upaya pelayanan administratif kependudukan, saya sebagai salah satu masyarakat Polman sangat menyayangkan ataupun kecewa terhadap pelayanan yang diberikan dalam hal ini kantor catatan sipil,” katanya.

Kekecewaan saya bukan suatu kekecewaan yang hanya saya sendiri yg mengalaminya tetapi banyak masyarakat dari pelosok Kabupaten Polewali Mandar mengalami kekecewaan serupa yaitu pelayanan yang diberikan di kantor catatan sipil kurang maksimal.

“Terdapat pula kemungkinan bahwa staf bekerja di kantor catatan sipil tidak paham dengan bagaimana menjalankan pekerjaannya tersebut, sehingga kami selaku masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan itu biasanya diperintahkan untuk bolak-balik urus ini dan itu kemudian pelayanan yang bisa diselesaikan setengah hari atau beberapa jam itu biasanya diundur-undur sampai beberapa hari,” bebernya.

Dengan begitu, Aldy Widianto berharap, agar kiranya dilayani dengan sebaik-baiknya karena kami menganggap bahwa kelengkapan administratif kependudukan sudah menjadi keharusan yang harus dilaksanakan oleh pemerintah.

“Itu diatur dalam Undang-undang tahun 2006 nomor 23 tentang administrasi kependudukan,” tutupnya. (**)