BBNKB 10 Persen, Harga Kendaraan di Makassar Setara dengan Jakarta

Kepala Bapenda Provinsi Sulsel Tautoto TR dalam sosialisasi pajak daerah

Kepala Bapenda Provinsi Sulsel Tautoto TR dalam sosialisasi pajak daerah.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Pajak progresif kendaraan kedua hingga kelima telah turun sejak 1 Januari 2018. Pelanggan samsat harus memanfaatkan penurunan ini dengan membayar pajak kendaraan tepat waktu.

“Pelanggan samsat biasanya ada yang ingin membawa kendaraannya keluar Sulsel dalam waktu lama, sekarang mereka sudah dapat membayar PKB enam bulan sebelum jatuh tempo,” ujar Kepala Bapenda Sulsel  Tautoto TR di depan peserta sosialisasi yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, Organda, diler kendaraan, dan masyarakat umum, Rabu 7 Februari 2018.

Ia menambahkan, Bapenda Sulsel juga memberikan insentif bea balik nama kendaraan baru (BBNKB) sebesar 20 persen untuk pembelian kendaraan baru. Dengan pemberian subsidi ini, BBNKB di Sulsel menjadi 10 persen yang sebelumnya sebesar 12,5 persen.

“Dengan BBNKB sebesar 10 persen, artinya harga kendaraan di Jakarta sudah sama dengan kendaraan di Makassar, jadi tidak perlu lagi membeli kendaraan baru di Jakarta, cukup membeli kendaraan di Makassar”, ucapnya.

Untuk diketahui, pajak progresif kendaraan kedua sebesar 2,5 persen kini turun menjadi 2 persen, pajak progresif kendaraan ketiga yang sebelumnya 3,5 persen sekarang menjadi 2,25 persen, sementara pajak progresif kendaraan keempat yang sebelumnya sebesar 4,5 persen, sekarang sebesar 2,5 persen, dan pajak kendaraan kelima dan seterusnya yang dulu sebesar 5,5 persen, sekarang sisa 2,75 persen.(**)