Potret Giat Petugas Puskesmas Biji Nangka di Desa Terpencil Pada HUT Sinjai ke-454

Potret Giat Petugas Puskesmas Biji Nangka di Desa Terpencil pada HUT Sinjai ke-454

Potret Giat Petugas Puskesmas Biji Nangka di Desa Terpencil pada HUT Sinjai ke-454.

SINJAI, DJOURNALIST.com – Menjangkau kelas jauh MIS Al-Khaerat di kampung Panniki, Dusun Bolalangiri, Desa Bonto Katute, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai bukan perkara mudah. Untuk tiba di lokasi itu, harus melalui jalan terjal bahkan ada yang sempit dan curam sehingga sebagian tidak dapat dilalui kendaraan.

Tak hanya itu, licinnya jalan akibat hujan dan tanah liat juga menambah sulitnya jalur menuju Panniki. Waktu tempuhnya pun sekira dua hingga tiga jam dari Puskesmas Biji Nangka, Kecamatan Sinjai Borong lantaran harus menapaki jalan setapak menyusuri gunung dan menyebrangi sungai.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, Irwan Suaib mengatakan, tepat  di Hari Ulang Tahun Kabupaten Sinjai yang ke-454 Selasa 27 Februari 2018, para petugas kesehatan melakukan pengabdian dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat di daerah yang sulit dan terpencil,

“Diantaranya pemantauan kesehatan berkala pada siswa kelas jauh MIS Al-Khaerat di Panniki sebagai salah satu upaya deteksi dini yg meliputi kegiatan pemantauan status gizi,  pemeriksaan HB, pemeriksaan gigi, mulut, telingah dan mata, yang diintegrasikan dengan kegiatan penyuluhan, pemberian obat cacing pada siswa dan pemberian vitamin A pada Balita, Inspeksi kesehatan lingkungan untuk tempat pengolahan makanan, serta pembinaan atau pendampingan masyarakat penderita kusta,”ujar Irwan.

Antusias murid dan masyarakat menambah semangat para petugas untuk melayani setulus hati tanpa pamrih untuk membantu anak-anak menjadi generasi sehat produktif serta masyarakat yang tak berdaya jauh dari layanan kesehatan di daerah yang sulit dan terpencil, demi menyulam kembali masa depan kesehatan di Sinjai.(**)