Usai Salat Tarawih, Jalan Veteran Makassar Malah jadi Arena Balap Liar

Kerumunan orang yang menyaksikan balapan liar di Jalan Veteran, Makassar, Kamis 17 Mei 2018, malam. (foto: haridansyah/djournalist.com)

Kerumunan orang yang menyaksikan balapan liar di Jalan Veteran, Makassar, Kamis 17 Mei 2018, malam. (foto: haridansyah/djournalist.com)

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Ada yang menarik apda malam hari di Jalan Veteran Utara dan Selatan. Pasalnya, tiap usai salat tarawih, banyak masyarakat yang turun ke pinggir jalan.

Adalah balapan liar yang acap dilakukan oleh beberapa orang di Jalan Veteran Utara. Sebagaimana pantauan Djournalist.com pada Kamis malam, 17 Mei 2018, suara bising knalpot racing tak henti bergema.

Balapan liar tersebut sudah berlangsung selama dua malam. Umumnya, mereka yang terlibat balapan liar adalah anak-anak di bawah umur dan tidak mengenakan helm. “Ini sudah dua malam, tiap usai tarawih,” ujar salah seorang warga.

Sekitar pukul 22.00 WITA, pihak kepolisian datang dan mereka berhamburan. Polisi sempat memberikan tembakan peringatan untuk membubarkan bahkan ada beberapa motor yang diamankan.

Sepanjang Jalan Veteran memang menjadi tempat paling asik bagi para joki. Buktinya, pasca dibubarkan di Jalan Veteran Utara yang merupakan wilayah hukum Polsek Makassar, mereka berpindah lagi di ujung Jalan Veteran Selatan yang merupakan wilayah hukun Polsek Mamajang.

Aksi balap liar ini terkesan kucing-kucingan dengan kepolisian. Setiap kali pihak kepolisan datang dan membubarkan aksi mereka, lantas mereka berhamburan. Setelah polisi pergi, mereka akan berkumpul kembali dan melakukan balapan.

“Tunggumi saja, ada semua lagi nanti itu,” tambah seorang warga yang tidak ingin disebutkan namanya.

Menurut warga sekitar, aksi balap liar di Jalan Veteran memang kerap terjadi tiap bulan Ramadan. Bahkan, tahun lalu, aksi balap liar tersebut menelan korban jiwa. “Tiap tahun, bahkan tahun lalu ada yang mati,” tambahnya. (**)