FPK Gelar Dialog Kebangsaan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Sulawesi Selatan, gelar Dialog Kebangsaan bertema “Refleksi Nasionalisme dalam Mengokohkan NKRI”.‎ Kegiatan ini diselenggarakan  di Hotel Losari Beach, Makasaar, Minggu, 20 Mei 2018.

Kegiatan ini diselenggarakan, dalam rangka memperingati 110 Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 – 21 Mei dan bertepatan dengan  20 tahun Reformasi Indonesia.

“Ini merupakan satu tema yang menarik, dan semoga apa yang kita dapatkan dalam dialog ini bisa dijadikan pedoman dalam kehidupan kita‎. Dilampu merah saja kita susah saling menghargai, ini juga menjadi gambaran nasionalisme kita maka ini perlu kita luruskan untuk memperbaiki seluruh kesalahan kita mulai dari yang terkecil,” ungkap ketua Majelis Pemangku Adat Nusantara Sulsel.

Sementara, ‎Anwar Cayadi, Ketua FPK berharap agar masyarakat Indonesia, dan pemuda pada khususnya bisa membangun Indonesia jadi lebih baik dan menanamkan jiwa nasionalisme dalam dirinya.

“Nasionalisme yang tergambar saat ini benar-benar memprihatinkan. Perkembangan zaman begitu cepat dan membuat orang-orang dan anak muda pada khususnya melupaka jati diri sebagai bangsa Indonesia. Ini yang perlu kita benahi dan kita perlu memperbaiki strategi penyampaian dan pembentukan karakter terhadap anak-anak sekarang,” jelasnya.

Ia berharap melalui forum diskusi ini mampu melahirkan ide-ide membangun dan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik dan melahirkan rasa cinta terhadap NKRI.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, tokoh masyarakat yang mewakili segenap warga Indonesia yang terluka rasa kemanusiaan dan kebangsaannya atas kondisi NKRI saat ini. Tokoh masyarakat yang hadir di antaranya lintas agama, tokoh adat, lsm, pemuda, serta pekerja seni untuk berkumpul dialog berdoa dan menyatakan sikap bersama terkait nasionalisme saat ini. (**)