Ini 4 Ranperda Usulan Pemkot Makassar

Ketua DPRD Makassar Farouk M. Betta bersama Wali Kota Danny Pomanto.

Ketua DPRD Makassar Farouk M. Betta bersama Wali Kota Danny Pomanto.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang dibahas dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakiilan Rayat Daerah (DPRD) Kota Makassar, merupakan Ranperda berdasarkan usulan Pemerintah Kota Makassar.

Hal ini diungkap oleh, Ketua DPRD Kota Makassar, Farouk M Betta, usai rapat Paripurna tentang penjelasan Wali Kota Makassar terhadap empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Makassar, Rabu 11 Juli 2018.

“Empat Ranperda ini inisiatif eksekutif jadi kita dahulukkan segera, karena laporan dari BP Perda itu bahwa semua Ranperda yang sudah masuk dan lengkap secara akademik itu, ya empat Ranperda ini, jadi kita dahulukan,” kata Aru, sapaannya.

Oleh sebab itu, Legislator Fraksi Golar ini berharap agar aturan tersebut dijalankan sebagaimana mestinya, dan dapat diterima oleh seluruh stage holder yang bersangkutang.

“Kan selama ini kita sering dikritik, loh ini ada 30 tapi kok yang sleesai cuma segini? gitu. Nah! Itukan berdasarkan rancangannya, kalau rancangannya selesai baru kita jalankan, kan begitu!” ucapnya.

Sementara, dari empat Ranperda yang dibahas, Wali Kota Makassae, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengunggungkan Ranperda Pertannggungjawaban pelasanaan APBD tahung anggaran 2017.

“Yang menarik itu adalah PAD. Menembus PAD Rp.1 trilyun itu dulu hayalan kita. Walaupun tidak sampai 100 persen dan memang tidak pernah mencapai 100 persen dari target, dan ini sudah merupakan sebuah prestasi,” ungkap Danny, usai rapat.

Pendapatan daerah tahun anggaran 2017, yang terdiri pendapatan asli daerah, pendapatan transfer atau dana perimbangan an lainnya, setelah terealisasi pendapatan mencapai angka Rp.3,41 triliun lebih atau 97,13 persen dari target yang di tentukan.(**)