2019 Ganti Presiden Bakal Tetap Berlangsung di Makassar Meski Belum Dapat Izin

Penyelenggara Deklarasi 2019 Ganti Presiden menggelar jumpa pers di Hotel Horison, Sabtu, 11 Agustus 2018. (foto: hardiansyah/djournalist.com)

Penyelenggara Deklarasi 2019 Ganti Presiden menggelar jumpa pers di Hotel Horison, Sabtu, 11 Agustus 2018. (foto: hardiansyah/djournalist.com)

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Deklasrasi 2019 Ganti Presiden dipastikan berlangsung besok, Minggu 12 Agustus 2018. Hal tersebut disampaikan langsung oleh penyelenggara aksi tersebut, Muhtar Dg Lau di Hotel Horison, Sabtu, 11 Agustus 2018.

“Intinya mereka (pihak terkait) menyetujui kegiatan ini. Kami menghimbau bahwa ini adalah kegiatan keumatan yang bisa disokong dari semua umat,” ujar Muhtar Dg Lau.

Sebagai penyelenggara, dirinya menyebut bahwa aksi yang akan berlangsung besok, selain mendeklarasikan gerakan 2019 ganti Presiden juga akan dirangkaiakan dengan aksi solidaritas untuk korban gempa di Lombok.

Sementara itu, salah satu tokoh nasional #2019GantiPresiden, Neno Warisman yang juga datang ke Makassar untuk memeriahkan aksi tersebut menyatakan bahwa gerakan tersebut adalah gerakan yang tidak berafiliasi dengan partai politik sebagaimana yang dituduhkan.

“Gerakan relawan ganti presiden merupakan sebuah gerakan sosial movement, kita usung dan kembali kita ingatkan bahwa gerakan ini tidak berafiliasi dengan parpol mana pun,” ujar Neno Warisman di Hotel Horison, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Sementara itu, meski mengklaim bahwa telah disetujui oleh berbagai pihak, Polrestabes Makassar belum mengeluarkan izin terkait kegiatan tersebut. Alasannya, pihak penyelenggara belum memenuhi seluruh perizinan yang diperlukan.

“Empat syarat belum kami terima sampai saat ini,” ujar Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Irwan Anwar. (**)