Rehabilitasi Gedung Pemerintahan, Anggaran Rp 1,1 M Untuk Rehab Kantor Kelurahan

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Sejumlah kantor pemerintahan tengah dalam proses pembangunan dan rehabilitasi.

Tak tinggal diam, Dewan Perwakilan Rakyat Dearah (DPRD) Kota Makassar turut mengawasi proses tersebut dan ditarget rampung di tahun anggaran 2018.

Berdasarkan draft APBD 2018, salah satu tempat  yang menjadi objek pengawasan dewan yaitu pembangunan Kantor Lurah Laikang, Kecamatan Biringkanaya, serta rehabilitasi bangunan gedung workshop bengkel metro, serta rehabilitasi gedung UPTD Lampu. Termasuk Gedung DPRD Kota Makassar, Jl. AP Pettarani.

“Tentu kita akan melakukan pengawasan terhadap pembangunan dan rehabilitasi gedung, ini memang perlu dilakukan. Karena kita (dewan) sudah mewanti-wanti PU untuk tidak memperlambat proses pengerjaannya,” kata Ketua Komisi C DPRD Makassar, Rahman Pina, Selasa, 28 Agustus 2018.

Kepala Seksi Pemeliharaan Bangunan Pemerintah, Suhair menjelaskan bahwa pembangunan Kantor Lurah Laikang meliputi ruang lingkup pekerjaan konstruksi sesuai RAB dan lokasi pengadaan pekerjaan konstruksi. Diketahui, anggaran yang disiapkan adalah sebesar Rp1,1 Miliar.

Sementara, rehabilitasi gedung UPTD Lampu dianggarkan sebesar Rp400 juta untuk pembangunan pagar dan ruangan pos.

“Untuk rehabilitasi workshop bengkel metro itu nanti kita akan adakan pembongkaran untuk mengubah lantai beton sampai ke lantai bengkel, pengerjaan saluran gutter dan pengerjaan oil trap. Jadi untuk bengkel itu lantai diangkat sekitar 20 centimeter dan penambahan akses ke gedung bengkel baru. Kalau lampu jalan penambahan ruangan dan pekerjaan pagar,” jelasnya.

Achmad Jusri, selaku Kepala UPTD Lampu Jalan Dinas PU Kota Makassar, menambahkan, rehabilitasi untuk kantor UPTD Lampu sudah seringkali diajukan. Namun, pengajuan tersebut baru mendapatkan alokasi anggaran di tahun 2018 ini.

“Memang sudah beberapa kali kita ajukan, tapi baru tahun ini ada anggarannya untuk direhabilitasi, seperti pagar dan ruangan pos yang berfungsi selama 24 jam. Iya harus direhabilitasi, apalagi mobil sudah berdesakan disana, jadi memang harus direhabilitasi. Ruangan posko juga diperbaiki,” tutupnya.(**)