Progres PD Pasar Makassar Wujudkan Pasar Bersertifikat

Direktur Utama PD Pasar Raya Makassar, Syafrullah SE.

Direktur Utama PD Pasar Raya Makassar, Syafrullah SE.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Coffe Morning, Humas pemerintah kota Makassar gelar diskusi bersama dengan Direktur Utama PD Pasar Raya Makassar, Syafrullah SE dan pakar ekonom, Dr Rosneni Daga di KOPIAIps, Kamis 27 September 2018.

Tema Diskusi kali ini adalah ‘Wajah Baru Pasar Sentral Makassar’. Mengingat beberapa waktu lalu, para pedagang pasar sentral Makassar direlokasi ke New Makassar Mall.

Setelah beberapa hari menjabat, Syafrullah menemukan beberapa pasar yang tidak memiliki sertifikat hak penggunaan lahan.

Oleh sebab itu hal utama yang saat ini akan dilakukan terlebih dahulu adalah menyarankan pembuatan sertifikat untuk pasar pasar tersebut.

“Ternyata kita punya beberapa pasar itu mau dibuatkan sertifikat hak penggunaan lahan. Kami akan meminta pemerintah kota untuk memfasilitasi ini agar terbit sertifikatnya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa selama ini para pedagang menjalankan usahanya hanya bermodalkan SK Walikota Makassar tanpa adanya legal standing terkait izin penggunaan lahan.

“Kemarin saya sudah ketemu Dinas Pertanahan. Kepala Dinas meminta kelengkapan-kelengkapan administrasi untuk ditindaklanjuti menuju ke BPN agar pasar-pasar di Makassar menjadi pasar yang betul-betul bersertifikat,” jelasnya.

Progres tersebut dilakukan untuk membantu mewujudkan program-program pemerintah Kota Makassar, maupun arahan dari pemerintah pusat. (**)