BMKG Prediksi Musim Hujan untuk Wilayah Maros Pangkep Terjadi Pada Awal November

Badan Meteorologi, klimatologi dan geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Maros memprediksi musim penghujan di 2 Kabupaten yakni Kabupaten Maros dan Pangkep terjadi pada awal November 2018.

Badan Meteorologi, klimatologi dan geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Maros memprediksi musim penghujan di 2 Kabupaten yakni Kabupaten Maros dan Pangkep terjadi pada awal November 2018.

MAROS, DJOURNALIST.com  –  Badan Meteorologi, klimatologi dan geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Maros memprediksi musim penghujan di dua Kabupaten yakni Kabupaten Maros dan Pangkep terjadi pada awal November 2018.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi data dan informasi BMKG Stasiun Klimatologi Maros, Endang Abdurahman saat ditemui di kantornya. Kamis 18 Oktober 2018.” Prediksi Hujan untuk wilayah sulawesi bagian barat, Khususnya Kabupaten Maros dan Kab. pangkep kemungkinan awal november, jadi meskipun saat ini terjadi hujan itu belum bisa disebut sebagai musim penghujan”. Jelas Endang.

Dikatakan Endang meskipun Hujan sudah terjadi di bulan oktober 2018 namun hal tersebut merupakan masa peralihan dari Musim Kemarau panjang ke musim Hujan.

“Memang biasanya saat ingin memasuki awal musim penghujan, pasti sebelum sebelumnya sudah terjadi hujan namun belum kondisi stabil, jadi awal musim hujan itu artinya curah hujan sudah stabil berkisar 50 milimeter dan diikuti dasarian berikutnya yaitu 2 dasar yang berikutnya jadi kalau di total mencapai 150 milimeter,”tutur Endang.

Ditambahkan, dalam kondisi peralihan inilah, bahwa sepatutnya masyarakat harus wasapada menghadapi perubahan iklim secara tiba-tiba.” Sudah jauh – jauh hari Kami dari BMKG menyampaikan himbauan kepada Masyarakat, baik itu saat melalui tudang sipulung bersama warga, melalui sosial media seperti Twitter, Facebook, Whatsap melalui media cetak, eletronik dan media online, agar selalu waspada dan berhati – hati saat musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, sebab kondisi cuaca iklim yang tidak menentu,”dia menambahkan.

Diketahui BMKG Stasiun Klimatologi Maros menjabarkan jika musim hujan sesungguhnya diprediksi akan terjadi di awal November dan puncaknya terjadi di awal tahun yaitu januari 2019.Adapun cara mengukur masuknya musim hujan berdasarkan standar curah hujan yang terjadi selama tiga dasarian secara berturut-turut.