Wabup Gowa Minta 121 Kepala Desa Terapkan Hasil Bela Negara

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, saat penutupan Diklat Bela Negara yang berlangsung di Aula Rindam XIV Hasanuddin Pakkatto, Minggu 25 November 2018.

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, saat penutupan Diklat Bela Negara yang berlangsung di Aula Rindam XIV Hasanuddin Pakkatto, Minggu 25 November 2018.

GOWA, DJOURNALIST.com – Hasil dari Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bela Negara yang diikuti 121 Kepala Desa di Kabupaten Gowa hendaknya dapat dimengerti, dipahami, dan ditindaklanjuti nantinya setelah kembali ke Desanya.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada penutupan Diklat Bela Negara yang berlangsung di Aula Rindam XIV Hasanuddin Pakkatto, Minggu 25 November 2018.

“Kepala Desa yang ikut dalam kegiatan ini, harus terus menerapkan apa yang di dapatkan dalam diklat ini, dengan harapan akan adanya perubahan pola fikir para Kedes yang lebih baik dalam membangun Desanya,” Kata Rauf.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa kegiatan ini bukan saja dilaksanakan oleh pemerintah, akan tetapi perlu melibatkan seluruh komponen masyarakat, bahkan seluruh pemuda-pemudi harapan bangsa yang memiliki tanggung jawab sesuai dengan bidang dan kapasitas masing -masing.

“Bela negara ini dilaksanakan sebagai wadah untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, guna menunjang program pemerintah untuk memajukan pembangunan daerah,” kata mantan Asisten Pemerintahan dan Kesra ini.

Di kesempatan ini juga, beliau berpesan kiranya dengan adanya pelaksanaan kegiatan bela negara dapat menumbuhkan cinta tanah air, mempererat sinergitas dalam menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan wilayah NKRI serta mampu menjadi pionir di Desanya masing-masing.

“Bangun terus sikap disiplin, jiwa kebersamaan, ketangkasan, ketepatan individu, dengan membentuk mental dan fisik agar jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Tak hanya itu, dia juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Danrindam XIV Hasanuddin.

“Terima kasih atas dukungan Kolonel Inf. Rafael beserta jajarannya yang telah bersinergi dengan pemerintah sehingga pelatihan kali dapat berjalan dengan baik,” ungkap Wabup Gowa mengakhiri sambutannya.

Penutupan Diklat ini ditandai dengan penanggalan Atribut peserta Diklat dan pemberian sertifikat secara simbolis kepada peserta yang ikut dalam kegiatan ini. (**)