Dinas Perikanan Pangkep Bakal Memiliki Hatchery Udang Vaname

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pangkep, Andi Farida

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pangkep, Andi Farida bersama rombongan.

PANGKEP, DJOURNALIST.com  –  Dinas Perikanan Kabupaten Pangkep bakal memiliki tempat penetasan udang atau Hatchery dalam waktu dekat.Rencananya Tempat Pembenihan udang tersebut terletak di 2 pulau, yakni Pulau sabutung dan pulau Samatellu yang terletak di Kecamatan liukang tupabiring, Kab.Pangkep, Sulawesi selatan.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pangkep, Andi Farida Nantinya tempat penetasan ini diperuntukan untuk bibit udang vaname.” Kami memiliki kurang lebih 1,3 Miliyar anggaran untuk pembangunan infrastruktur di pulau untuk Dinas Kelautan dan perikanan pangkep sesuai Program di periode ke 2 Bupati dan Wakil Bupati Pangkep, dimana salah satunya bantuan bibit unggul ke masyarakat dan pembangunan infrastruktur di pulau – pulau, jadi kita berinisiatif untuk membuat Hatchery karena kita tau Pangkep memiliki tambak yang cukup luas sekira 13 ribu Hektare”. Jelas Farida, Selasa 27 November 2018.

Salah satu tempat Pembangunan pembenihan udang sendiri di pulau sabutung, Kecamatan liukang tupabiring kini hampir rampung pengerjaanya.

” Di Pulau sabutung ini kita sudah bangun, fisik sudah 85 persen, kami meminta pendampingan dari TP4D Kejari Pangkep untuk mengawal pembangunannya, Insha Allah pertengahan Desember sudah selesai, tinggal kita liat operasionalnya apakah bisa di januari atau februari 2019,”ujar Farida.

Ia mengatakan, pihaknya tidak mampu membangun tempat pembenihan udang di daerah pesisir, sebab Pangkep memiliki potensi yang lebih baik yaitu di daerah Kepulauan yang sudah terbukti dari hasil kajian Dinas Perikanan.

” Daerah pesisir kita tdk mampu membuat Hatchery seperti yg di buat di Kabupaten Barru, yang kebanyakan menggunakan daerah pesisir untuk membua Hatchery atau tempat pembenihan udang, tapi kita di Pangkep punya potensi pulau – pulau, dan ternyata setelah kita kaji hasilnya ada dia pulau memang yang bagus yaitu sabutung dan samatellu ,”ucapnya.

Lebih lanjut di jelaskan dalam mempersiapkan hal tersebut Dinas Perikanan pangkep telah memiliki tenaga ahli dibidang Pembenihan udang yang sudah berpengalaman.” Saya sudah mempersiapkan tenaga ahli yang sudah kita rekrut, tetap orang pangkep tapi memiliki keahlian dibidang pembenihan yang sudah lama bekerja dibidang pembenihan. Kami punya target 30 juta perekor di setiap tempat pembenihan dan semua teknisi optimis dapat memproduksi hasil sebanyak itu,”katanya.