Bupati Luwu Utara Tanam Perdana Penangkaran Benih Padi

LUWUUTARA, DJOURNALIST.com – Untuk memacu hadirnya pangan yang benar-benar cukup bagi masyarakat, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani melakukan tanam perdana penangkaran benih padi kerja sama Pemkab Luwu Utara dan Center of Excellece (CoE) Fakultas Pertanian Unhas, di desa Hasanah Kecamatan Mappedeceng, Kamis 31 Januari 2019.

Sementara ini Ketua Center of excellece (CoE) Fakultas Pertanian Unhas Prof. DR. Ir. Yunus Musa.,M.Si, menjelaskan apa yang dilakukan hari ini adalah bentuk kerja sama dalam menghadirkan daerah mandiri benih.

“Dari sekian pimpinan daerah yang siap, kehadiran langsung Bupati Luwu Utara sebelum program ini diturunkan menunjukkan komitmen sehingga dari 6 kabupaten yang mendapatkan alokasi, Luwu Utara menjadi daerah yang diberi khusus untuk mengelolah 40 H sebagai lahan pembenihan,” katanya.

Semebtara itu Bupati Lutra Indah Putri Indriani menjelaskan tahun ini Lutra Surplus dengan hasil 82.000 ton denga rata-rata 5,6 Ton/Ha dan kalau kita mau hitung nilai ekonomi yang dihasilkan. Petani Luwu Utara menikmati hasil sebesar 1,1 T.

“Daerah kita mengalami deflasi, sehingga Stock pangan di luwu utara aman sampai 40 bulan ke depan serta kita menjadi daerah pengisi gudang bulog,” kata Indah Putri saat mengawali sambutannya.

Lebih lanjut, IDP saapan akrab bupati Luwu Utara menyampaikan, Kebutuhan benih di luwu utara mencapai 1.000.112 kg, sehingga hadirnya kerja sama ini, kita dorong para pahlawan pangan (petani) Untuk hadir menjadi kabupaten mandiri benih baik itu di sektor pangan ataupun perkebunan.

“Saya yakin Kerja sama ini bisa di jaga dan kawal bersama, ada rasa Optimis yang terlukis jelas di wajah kita semua untuk lebih meningkatkan Kualitas,” tutupnya. (**)