Next.. Semalam di Seko

Kadis PMD Luwu Utara, Misbah.

Kadis PMD Luwu Utara, Misbah.

MASAMBA, DJOURNALIST.com – Program inovatif Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Semalam di Desa, bakal dilaksanakan di Kecamatan Seko, sebuah kecamatan terpencil di Kabupaten Luwu Utara, pada 4-5 Februari 2019 mendatang. Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dijadwalkan hadir beserta Kepala Perangkat Daerah.

Menurut Kadis PMD, Misbah, program ini bagian dari upaya Pemda Lutra mem-booming-kan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati. “Salah satu tujuannya adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya yang ada di desa. Selain itu, mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” ujar Misbah, Jumat (1/2), di Masamba.

Ada beberapa kegiatan yang bakal dilakukan pada pelaksanaan program yang sudah memasuki tahun ketiga ini. Di antaranya Gerakan Masyarakat Gotong Royong (Germas Gotro), Skrining Kesehatan Mata, Pelayanan Kesehatan, Pelayanan KB, Lepas Sambut Camat Seko, Peresmian Jembatan, Pembinaan Administrasi Desa, dan Pembinaan BUMDES.

Bukan itu saja, masih ada Bhakti Sosial, Penyuluhan Pemanfaatan Pekarangan, Penyuluhan Kesiapsiagaan Bencana, Sosialisasi Perlindungan Anak, Penyuluhan Sampah 3R, Sosialisasi Pengarsipan dan Ruang Baca Mandiri, Sosialisasi TOGA, serta Pemeriksaan Air Bersih. Semua sub kegiatan Semalam di Desa dilaksanakan Perangkat Daerah terkait.

Banyak kegiatan dilakukan di sana, termasuk Dialog Pembangunan bersama Bupati dan masyarakat yang dikemas dalam bentuk kegiatan Mata Pintar Menjawab. Ada juga Wisuda Santri dan Pertemuan Lembaga Adat se-Kecamatan Seko. “Kita berupaya ini betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa. Ini juga bagian dari pengejawantahan dari Nawacita Presiden, yaitu membangun dari pinggiran. (**)