RS Andi Makkasau Parepare Sudah Bisa Operasi Otak Sistem Canggih, Pasien Tidak Dirujuk Lagi Ke Makassar

PAREPARE, DJOURNALIST.com – Seperti bagian tubuh lainnya, otak juga rentan terhadap perdarahan, infeksi, dan bentuk kerusakan lainnya. Kerusakan atau perubahan fungsi pada otak terkadang membutuhkan prosedur pembedahan.

Terkait hal itu, kini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau yang merupakan rumah sakit rujukan di 14 Kabupaten/Kota Utara Sulawesi Selatan yang dihadirkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, sudah memiliki alat yang canggih untuk pasien yang mengalami pendarahan otak.

Hal itu disampaikan, dokter ahli bedah RSUD Andi Makkassau, dr. Ibrahim Kasim.

“Operasi pembedahan pada otak sudah bisa dilakukan di RS Andi Makkasau, pasien tidak perlu lagi dirujuk ke Makassar, di RSUD alatnya sudah ready apa lagi sudah ada CT Scan”terang dr. Ibrahim.

dr. Ibrahim menambahkan, proses operasi pembedahan otak itu namanya adalah Craniotomi atau trepanasi, merupakan proses pembedahan otak yang dilakukan dengan membuka tulang tengkorak untuk memperbaiki gangguan yang terjadi.

“Sistem kerjanya menggunakan alat semacam bor yang sudah canggih, artinya bor itu akan berhenti otomatis ketika mengenai organ vital otak,”jelasnya

Operasi pendarahan otak yang terjadi kata dr. Ibrahim diantaranya, jika pasien mengalami Epydural Hematoma dan kerusakan atau patah pada tulang tengkorak.

“Epydural Hermatoma adalah penggumpalan darah yang terjadi diotak dan tengkorak kepala, dan tulang tengkorak yang mengalami kerusakan ketika mengalami kecelakaan kendaraan bermotor atau terjatuh dari ketinggian,”tambah dia. (**)