Program Dongkel Dinas Perpustakaan Makassar Bikin Bappenas Terpukau

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Dongkel with Mobile Library Inovasi Dinas Perpustakaan Makassar menjadi salah satu inovasi yang dikunjungi langsung oleh Bappenas dan tim penilai Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD), Senin (01/04). Kali ini, Kota Makassar masuk 10 nominasi Kota di Indonesia yang akan menerima Penghargaan PPD dari Bappenas.

Tim penilai dari Bappenas dan Akademisi di dampingi Kepala Bappeda Kota Makassar dan Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar beserta jajarannya dan kepala sekolah menyaksikan langsung titik layanan Dongkel Perpusling di Kompleks SD Negeri Unggulan Monginsidi I Makassar. Sebelum masuk di area kegiatan, tim disambut dengan tarian yang dibawakan oleh anak-anak. Kunjungan pun bertepatan dengan hari Kebudayaan Kota Makassar.

Tim penilai terpukau dengan program Dongkel yang telah melibatkan langsung masyarakat dalam hal ini Pendongeng karena masyarakat sudah diajak ikut terlibat dalam proses pembangunan di Kota Makassar khususnya untuk meningkatkan kemampuan literasi anak-anak di Kota Makassar.

Rasa puas tim penilai dengan program Dongkel diungkapkan kembali sehari setelahnya saat mengikuti pertemuan Focus Group Discussion (FGD) di Ruang Sipakalebbi /Ruang Pola Balaikota Makassar yang diikuti perwakilan perangkat daerah, tokoh masyarakat, NGO dan akademisi dan turut dihadiri oleh Sekda serta Walikota Makassar, Selasa (02/04).

“Kegiatan Dongkel luar biasa,” ungkap salah satu tim penilai disela-sela diskusi dan diakhir diskusi tim penilai secara umum menyatakan bahwa “Kegiatan Inovasi di Kota Makassar serta partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan daerah sudah T-O-P deh…” yang kemudian langsung disambut aplaus oleh seluruh peserta FGD. (**)