Dana Bos Tertahan di Provinsi, Kasek Terbebani Biaya US dan UN

SIDRAP, DJOURNALIST.com – Seluruh kepala sekolah di Sulawesi Selatan dari semua tingkatan, mengeluhkan belum keluarnya dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang saat ini diduga kuat masih Tertahan di Pemerintah Provinsi.

Pasalnya, dana BOS yang seharusnya cair untuk membiayai kegiatan Ujian Sekolah (US) yang mulai berlangsung sejak Senin kemarin hingga Kamis mendatang (8-12/4/2019) terpaksa harus mengutang untuk menanggulangi sejumlah yang dibutuhkan.

Lebih parahnya lagi, Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan bulan ini juga, tentu membutuhkan dana yang lebih besar lagi, sehingga hal ini perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah provinsi untuk segera mencairkannya.

Demikian disampaikan Manajer BOS Sidrap, Syahrul Syam yang ditemui dikantornya, Selasa (9/4/2019) membenarkan adanya keluhan para Kasek didaerah terkait belum cairnya dana BOS.
.
“Setiap hari kami terima keluhan dari sejumlah Kasek didaerah ini, bahkan dari luar Kabupaten Sidrap yang menanyakan belum cairnya dana BOS tersebut yang kini tertahan di Pemprov Sulsel,”ujar Syahrul yang juga Sekretaris Disdikbud Sidrap.

Untuk itu, pihaknya mempertanyakan dana BOS Triwulan I tersebut yang hingga saat ini belum turun, sementara pemerintah pusat sudah kirim ke Pemprov sejak 12 Maret 2019 lalu.

“Tentunya kami berharap kepada Pemprov agar segera mencairkan dana tersebut guna mendukung jalannya aktivitas pelaksanaan US dan UN yang saat ini sudah mulai berlangsung,”harap Syahrul. (**)