Masyarakat Dibekali Wasbang Oleh Dandim Sidrap, Ini Tujuannya

SIDRAP, DJOURNALIST.com – Pembekalan masyarakat tentang Wawasan Kebangsaan yang (Wasbang) dilakukan TNI melalui Kodim 1420 Sidrap bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab Sidrap berjalan sukses dan lancar.

Kegiatan wasbang tersebut sebagai bentuk penyuluhan sesuai sosialisasi Perpres Nomor 7 Tahun 2018 yang juga merupakan salah satu program kerja Pemkab Sidrap.

Turut hadir memberikan penyuluhan Wasbang yang berlangsung di Kecamatan Panca Lautang, Sidrap, Selasa (9 /4/2019) tersebut diantaranya, Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf J.P Situmorang, Plt. Kakesbangpol Sidrap, H. Andi Pawellangi, Danramil 1420-01, Kapten Kav Hary Purwoko serta sejumlah masyarakat lainnya.

Menurut Dandim Situmorang mengatakan, kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan ini, mengingatkan kepada masyarakat untuk mengenang kembali bahwa dahulu kita pernah dijajah, dan dengan mudahnya Belanda menerapkan politik “devide et impera” (politik memecah belah) karena saat itu bangsa kita belum bersatu.

Perjuangan mengusir penjajah pada saat itu, kata Dandim, masih bersifat kedaerahan dan belum adanya persatuan, yang pada akhirnya timbul kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan sehingga muncullah pergerakan Budi Utomo tahun 1908 dan pergerakan pemuda melalui Sumpah Pemuda thn 1928.

“Itulah sejarah awal lahirnya tonggak sejarah tentang wawasan kebangsaan dimana begitu pentingnya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa.dan bernegara,” jelas Dandim Situmorang.

Ia mengatakan, saat ini ada upaya upaya untuk mengusik kemajemukan tersebut. Apabila kita tidak memiliki wawasan kebangsaan, tidak mengerti bagaimana dahulu para pejuang dengan tidak membedakan suku, agama, golongan berjuang memerdekakan negara ini, maka kita akan mudah dipengaruhi oleh kelompok tersebut.

Pada bagian lain, Dandim juga menyinggung masalah maraknya Narkoba di Indonesia dan sudah menyebar ke pelosok negeri, ini juga merupakan salah satu bentuk peperangan untuk menghancurkan bangsa kita, para generasi muda yang tidak kita sadari dan oleh sebagian orang justru dijadikan lahan bisnis.

“Khusus menjelang pelaksaan Pemilu ini, kami himbau seluruh masyarakat agar terus bersama menjaga Kantibmas disekitar lingkungan masing-masing, dan mengimbau agar masyarakat tidak Golput dan tidak usah takut ke TPS, karena TNI bersama Polri siap memberikan pengamanan,”pesan Dandim. (**)