Gelar Donor Darah, Pemkab Gowa Target 120 Kantong

Wakil Bupati Gowa memantau Donor Darah yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Sosial di Baruga Patigaloang. (Foto:humas).

Wakil Bupati Gowa memantau Donor Darah yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Sosial di Baruga Patigaloang. (Foto:humas).

GOWA, DJOURNALIST.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Sosial kembali menggelar donor darah.

Aksi sosial tersebut telah menjadi agenda rutin tahunan yang dilaksanakan setiap tiga bulan dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar.

Berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (15/4) donor darah diikuti para Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Gowa, beserta jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Gowa, dan sejumlah kelompok masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni turun langsung melakukan pemantauan.

Abd Rauf mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Pemkab Gowa sebagai wujud kepedulian sosial terhadap sesama yang membutuhkannya.

“Aksi ini merupakan bentuk solidaritas kepada sesama, dengan harapan bisa memberikan manfaat kepada orang yang sangat membutuhkan darah,” katanya usai memantau.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Syamsuddin Bidol mengatakan, stok darah masih menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan hingga saat ini. Baik di rumah sakit maupun di bank-bank darah yang tersebar.

“Kegiatan ini selain diikuti pejabat dan ASN Pemkab Gowa juga sejumlah mitra kerja, Forkopimda Gowa dan dari elemen masyarakat,” ujarnya.

Sementara untuk target, pihaknya berharap dapat memenuhi seluruh kantong darah yang disiapkan PMI.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Gowa Abdullah Sirajuddin mengatakan, pihaknya secara rutin melakukan donor darah yang digelar Pemkab Gowa.

“Ini sudah yang kesekian kalinya saya donor disini. Saya memang rutin berdonor darah karena selain membuat kondisi kita sehat juga sebagai ladang pahala karena bisa digunakan untuk membantu sesama yang membutuhkan,” kata mantan Kabag Humas dan Kerjasama Pemkab Gowa ini.

Sementara salah seorang Anggota PMI Makassar Andi Faisal mengatakan, donor darah kali ini menyiapkan 120 kantong darah. Untuk saat ini yang terisi baru 30 kantong.

“Melihat antusias pendonor hari ini kita pastikan dapat memenuhi kuota kantong darah yang disiapkan,” katanya.

Menurutnya, aksi donor darah yang dilakukan Pemkab Gowa sendiri sering melampaui target. Malah kadang masih banyak pendonor yang ingin mendonorkan darahnya tapi tertolak karena stok kantong darah sudah mencukupi.

Untuk program kerjasama yang dilakukan PMI Makassar dengan Pemkab Gowa ini telah dilakukan sejak masa kepemimpinan Mantan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo. (rls)