Hak Angket Gubernur dan Wagub Sulsel Segera Diparipurnakan

Ketua Fraksi Golkar Sulsel, Kadir Halid

Ketua Fraksi Golkar Sulsel, Kadir Halid

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Hak angket Gubernur Nurdin Abdullah dan Wagub Andi Sudirman Sulaiman yang digulirkan DPRD Sulawesi Selatan sudah memasuki tahap finalisasi. Setelah naskah hak angket tersebut sudah dilakukan perbaikan.

“Dua minggu lalu naskah hak angket itu sudah diserahkan ke unsur pimpinan. Yang menyerahkan pak Rangga, Selle, dan Syahar. Tapi diminta dilakukan perbaikan. Dan hari ini sudah dilakukan perbaikan. Besok (selasa) di serahkan lagi ke pimpinan,”ujar Ketua Fraksi Golkar Sulawesi Selatan, Kadir Halid di DPRD Sulawesi Selatan, Senin 10 Juni 2019.

Jika tak ada masalah terkait hak angket tersebut, Kadir menambahkan akan dijadwalkan untuk melakukan rapar pimpinan. Selanjutnya di agendakan dalam rapat badan musyawarah lalu di paripurnakan.

“Nanti di paripurna diputuskan apakah hak angket ini lanjut atau tidak. Begitu mekanismenya,”katanya.

Dalam rapat paripurna itu, lanjut Kadir minimal 3/4 dari anggota dewan harus hadir. Kemudian 2/3 dari 85 anggota dewan harus setuju.

“Kalau lanjut bentuk panitia hak angket DPRD dari masing-masing perwakilan fraksi. Kemudian pemanggilan-pemanggilan,”ucapnya .

Kalau ada unsur pelanggaran berat. Maka panitia hak angket melakukan rekomendasi  ke Mahkamah Agung . Sedangkan kalau ada unsur pidana misalnya melakukan dugaan korupsi maka bisa berlanjut ke KPK.