Pembangunan Pasar Semi Moderen Lakessi Akan Dioptimalkan, Anggaran Rp9 Miliar

PAREPARE, DJOURNALIST.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare akan membangun serta mengoptimalkan fungsi pasar semi moderen Lakessi. 

Anggaran pembangunan pasar itu bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) Rp 6 miliar, dan dana berbantuan provinsi Sulsel Rp 6 miliar. Hanya saja, Rp 3 miliar dana DID dari Rp 6 miliar tersebut diperuntukkan untuk kegiatan lain, sehingga total anggaran yang disiapkan untuk menempatkan lapak basah dan kering pada gerbang niaga senilai, Rp 9 miliar.

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe usai menghadiri rapat paripurna DPRD Parepare, Rabu, (12/6/2019) mengatakan, dengan renovasi tersebut dapat mengoptimalkan fungsi pasar Lakessi yang akan disulap menjadi satu pintu dari arah jalan pelita.

“Kita akan mengoptimalisasikan fungsi pasar Lakessi, dengan sistem satu pintu, sehingga lods-lods yang belum ditempati oleh pedagang dapat segera ditempati, seperti halnya pasar sumpang yang telah dibangun, itu ide saya,”Jelas Taufan Pawe kepada djournalist.com.

Taufan menambahkan, untuk mengoptimalkan fungsi pasar, harus ada penambahan bangunan di kawasan pasar, serta menghilangkan perilaku premanisme agar pedagang tetap merasa nyaman. 

“Jadi anggaran Rp 9 miliar itu, akan bangun beberapa bangunan tambahan di sekitarnya. Tidak boleh lagi ada pasar diluar pasar apalgi perilaku premanisme yang dapat mengganggu kenyamanan pedagang,” tutup Taufan. (**)