Anggaran Reses Perdana 49 Anggota DPRD Makassar Rp 2,1 Miliar

Empat pimpinan DPRD Makassar resmi dilantik menjadi pimpinan defenitif masa jabatan 2019-2024.

Empat pimpinan DPRD Makassar resmi dilantik menjadi pimpinan defenitif masa jabatan 2019-2024.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – 49 anggota DPRD Makassar telah melakukan kegiatan reses pertama. Yang dimulai dari tanggal 4 hingga 9 November pekan ini. Untuk enam digelar di beberapa titik daerah pemilihan (dapil).

Kasubag Humas Sekretariat DPRD Kota Makassar Taufik Natsir mengatakan, 50 anggota dewan dialokasikan dana atau anggaran reses sebesar Rp 42 juta. Alokasi tersebut untuk kegiatan reses meliputi sewa tenda, meja, nasi dos, kue, kursi, sound system dan publikasi.

“Reses mulai berjalan dari tanggal 4 sampai 9 November, enam titik lokasi dengan anggaran Rp 7 juta per-titik. Setiap titik harus sewa tenda, meja, kursi, nasi dos, kue, sound system dan publikasi,”ujar Taufik, Rabu, 6 November 2019.

Adapun total anggaran disediakan di Sekretariat DPRD Kota Makassar untuk kegiatan reses wakil rakyat yakni sebesar Rp 2,1 miliar.

“Tujuh juta per titik dan masing-masing dewan diberikan enam titik. Nanti selesai kegiatannya, mereka masukkan pertanggungjawaban, bukti sewa tenda, kursi, meja, nasi dos, kue dos, soundsystem, ATK dan lain-lain. Sekretariat membayar sesuai tagihan,”katanya.

Adapun Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Makassar Andi Sadly mengatakan, reses dilakukan agar wakil rakyat dapat langsung menjaring aspirasi di masyarakat dan kemudian dibahas pada rapat paripurna.

Untuk anggarannya lanjut Sadly, sekretariat dewan tak memberikan dalam bentuk uang tunai. Tetapi bentuknya berupa fasilitas meliputi sewa tenda, kursi, publikasi dan soundsystem yang langsung dibayarkan sekeretariat.

“Dari 50 wakil rakyat, yang terlaksana cuma 49 orang saja. Di mana satu orang dari PPP belum melakukan reses,” jelasnya.