Kucurkan Rp50 Miliar, Gubernur Sulsel Siap Dukung Pembangunan Kabupaten Gowa

Puncak Perayaan HJG ke-699 di Halaman Parkir Gowa Discovery Park, Kecamatan Barombong, Minggu (17/11).

Puncak Perayaan HJG ke-699 di Halaman Parkir Gowa Discovery Park, Kecamatan Barombong, Minggu (17/11).

GOWA, DJOURNALIST.com – Dalam rangka mendukung percepatan pembangunan Kabupaten Gowa demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara merata, pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akan mengucurkan anggaran sekitar Rp50 Miliar.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, pada perayaan Hari Jadi Gowa (HJG) ke-699 Tahun ini, Pemprov Sulsel akan memberikan kado berupa pengalokasian anggaran pembangunan Rp50 miliar untuk APBD 2020.

“Ini tentunya akan memberikan kontribusi dalam percepatan pembangunan di daerah ini,” katanya saat memberikan sambutan pada Puncak Perayaan HJG ke-699 di Halaman Parkir Gowa Discovery Park, Kecamatan Barombong, Minggu (17/11).

Selain itu pihaknya juga akan memberikan bantuan berupa mobil ambulans dan mobil pemadam kebakaran.

“Pemprov Sulsel mendapat hibah mobil ambulans dan damkar dari Pemerintah Jepang sebanyak 39 unit ini yang akan kita bagikan dibeberapa kabupaten/kota termasuk di Kabupaten Gowa,” tegas Nurdin Abdullah.

Dukungan lainnya yang dilakukan yaitu rencana revitalisasi Benteng Somba Opu yang ia targetkan dapat diwujudkan dalam waktu dekat. Termasuk pula anggaran pembangunan pasar di wilayah Sulsel juga akan diberikan untuk daerah berjuluk Butta Bersejarah ini.

Menurutnya, kehadirannya bersama pimpinan Forkopimda Sulsel menjadi bentuk dukungan kepada Pemkab Gowa, khususnya pada peringatan HJG tahun ini.

Kedepan, Kabupaten Gowa harus bisa didorong menjadi daerah yang ramah turis dengan melihat banyaknya potensi wisata yang dimiliki. Baik wisata pegunungan, air terjun hingga wisata alam.

“Dalam waktu dekat pelebaran jalan ke arah Kota Malino akan rampung sehingga wisatawan yang inginkan mengunjungi Malino bisa tiba dengan lebih cepat. Mereka pun pastinya akan nyaman mendatangi lokasi-lokasi wisata tersebut,” ujarnya.

Selain didorong menjadi daerah dengan destinasi wisata terbaik juga harus bisa diciptakan menjadi daerah pilihan investasi. Apalagi keberadaan Kabupaten Gowa merupakan penyangga dari ibu kota Makassar.

“Kabupaten Gowa memiliki banyak keunggulan mulai dari Puncak gunung hingga pinggir pantai . Bahkan hasil-hasil pertanian semuanya dari daerah ini, makanya mari kita dukung agar pembangunan yang dilakukan Bupati Gowa bersama wakilnya untuk dilanjutkan,” tutup Nurdin Abdullah.

Sementara Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, pihaknya sangar menyambut baik rencana Bapak Gubernur Sulsel yang merencanakan akan mengalokasikan anggaran pembangunan untuk Kabupaten Gowa.

“Ini menjadi bukti nyata bawa pemerintah provinsi sangat memberikan dukungan penuh bagi kami dalam mendorong kemajuan daerah ini dari seluruh sektor,” katanya.

Dirinya pun merasa bangga dan bahagia karena pada moment HJG ke-699 ini seluruh pimpinan Forkopimda Sulsel datang menghadiri dan menyaksikan bagaimana perkembangan Kabupaten Gowa dari waktu ke waktu.

“Tadi disampaikan oleh Bapak Gubernur Sulsel bahwa baru kali ini ada hari jadi kabupaten yang dihadiri lengkap oleh muspida provinsi. Ini menunjukkan bahwa silaturahmi dan kekompakan selalu terjalin dengan baik,” terangnya.

Bupati Adnan pun berharap dengan kehadiran seluruh pihak tersebut di HJG ke-699 dapat membentuk kebersamaan yang erat demi menyongsong Kabupaten Gowa lebih baik dan lebih maju di masa akan datang. (Rls)