Petugas Medis di Gowa Butuh APD untuk Tangkal Corona

Anggoota DPRD Sulawesi Selatan, Rismawati Kadir Nyampa memberikan bantuan di Puskesmas Palangga dalam menangani penyebaran Covid-19, Kamis, 26 Maret 2020.

Anggoota DPRD Sulawesi Selatan, Rismawati Kadir Nyampa memberikan bantuan di Puskesmas Palangga dalam menangani penyebaran Covid-19, Kamis, 26 Maret 2020.

GOWA,DJOURNALIST.com – Meningkatnya jumlah pasien virus Corona di Sulawesi Selatan membuat sejumlah pihak turun tangan untuk menangkal penyebaran virus mematikan ini. Salah satunya yang dilakukan anggota DPRD Sulawesi Selatan, Rismawati Kadir Nyampa di Kabupaten Gowa.

Yaitu melakukan kunjungan ke Puskesmas Pallangga mengenai kesiapan menghadapi Covid-19, apa saja harapan dan kendala-kendala yang dihadapi tim medis Kecamatan Pallangga.

“Kendala yang palaing utama yang kami hadapi adalah minimnya alat pelindung diri (APD). Sehingga menggunakan APD seadanya,”ujar Kepala Puskesmas Palangga, dr Tri Ocgaviyano Djam’an MPH, Kamis, 26 Maret 2020.

Hal lain kata dia, masih banyaknya masyarakat yang berdatangan ke Puskesmas sementara sudah ada himbauan, bahwa hal terbaik yang dilakukan adalah tinggal dirumah.

“Dan saat ini Puskesmas Pallangga sendiri telah memiliki terobosan baru yaitu melalui WhatsApp dimana penyakit yang tidak terlalu berat gejalanya bisa konsultasi melalui WA dan cukup keluarga sehat yang datang mengambil obatnya, sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kontak antara masyarakat dengan tim medis dan diharapkan isolasi diri dirumah dapat berjalan baik,”katanya.

Mendapat keluhan semacam itu, Rismawati mengatakan akan meneruskan segala harapan tim medis Puskesmas Pallangga ke pemerintah provinsi, agar kiranya setiap tim medis bisa segera memiliki alat kelengkapan yang standar bukan lagi menggunakan jas hujan.

“Terima kasih, kekurangan ini tentu saya akan bahas di DPRD,”tutur Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Sulawesi Selatan ini.

Diakhir kunjungan, Rismawati menyerahkan bantuan berupa masker, hand sanitizer, dan suplemen vitamin untuk semua tenaga medis yang ada di Puskesmas Pallangga.

Selain itu, ratusan masker juga turut dibagikan ke pasien-pasien yang ada di puskesmas, para keluarga pasien serta melanjutkan menyusuri jalan, membagikannya ke para tukang bentor, karyawan-karyawan toko dan juga para pedagang di pasar tradisional Sungguminasa serta kemasyarakat umum lainnya.

‘Saya berharap agar seluruh masyarakat kiranya bisa patuh terhadap semua instruksi dari pemerintah sebagai salah satu cara jitu untuk memutus rantai Virus Corona,”jelasnya.