Wabah PHK Akibat Covid-19 di Sulawesi Selatan Capai 186 Orang

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sulawesi Selatan Andi Darmawan Bintang.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sulawesi Selatan Andi Darmawan Bintang.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com  –  Jumlah karyawan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan dirumahkan sejauh ini mencapai 10.091 orang akibat pandemi virus Corona atau Covid-19. Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sulawesi Selatan Andi Darmawan Bintang berharap data ini tidak mengalami kenaikan.

“Saya mengaupdet jumlah karyawan yang terdampak Covid-19, baik yang dirumahkan maupun di PHK mencapai 10.091 orang. Sebelumnya mencapai 9.726 orang,”ujar Darmawan dalam video confrens, Ahad malam 12 April 2020.

Bertambahnya jumlah karyawan yang dirumahkan maupun di PHK karena masuknya data terbaru yang berasal dari Kabupaten Gowa dan Bulukumba.

“Data ini berasal dari 237 perusahaan. Sehingga untuk karyawan yang di PHK sebanyak 186 orang,”katanya.

Lanjut Darmawan, PHK ini terjadi akibat menurunnya kinerja perusahaan karena terdampak Corona. Namun ia berharap data ini tidak mengalami penambahan.

“Kami tetap menerima informasi dari pekerja, Selanjutnya kami akan kirimkan ke Kementerian Ketanagakerjaan untuk dilakukan verifikasi,”ucapnya.

Terkait kapan mereka mulai pelatihan akibat di PHK dan dirumahkan oleh perusahaannya, Darmawan menambahkan, masih menunggu arahan dari pemerintah pusat. Karena sampai saat ini belum ada.

“Kami juga mengikuti pembicaraan di group WhatsApp Disnaker sampai saat ini belum ada. Tapi kami tetap mengkompilasi data yang kami kirimkan ke pemerintah pusat,”jelasnya.