Panen Padi, Bupati Indah Pastikan Ketersediaan Pangan Terjaga di Tengah Pandemi Covid-19

LUTRA, DJOURNALIST.com – Meski di tengah situasi yang sulit akibat pandemi covid-19, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, tetap melakukan serangkaian aktivitas dalam rangka memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat. Dalam sehari saja, IDP, begitu ia kerap disapa, melakukan dua kegiatan di Kecamatan Rongkong, Rabu (15/4/2020).

Salah satu kegiatan orang nomor satu di Kabupaten Luwu Utara ini adalah melakukan panen padi varietas banjara di Desa Marampa. Produksi padi di atas rata-rata 5 ton per hektar. Dengan hasil ini, Bupati tetap optimistis bahwa ketersediaan pangan di Bumi La Maranginang tetap terjaga di tengah pandemi virus corona atau covid-19.

“Kalau dilihat dari jumlah penduduk, hasil ini sangat mencukupi, bahkan bisa sampai setahun,” kata Indah. Kendati demikian, ia tetap berharap para petani untuk tetap memperhatikan diversifikasi pangan guna mendukung ketersediaan pangan. “Diversifikasi pangan tetap kita dorong agar petani tetap menanam selain padi,” kata dia.

Semua itu, kata dia, guna memberikan variasi pangan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarganya. “Terima kasih kepada pejuang pangan yang terus bekerja, meskipun dalam kondisi keterbatasan akibat pandemi covid-19. Terimakasih juga karena memastikan pangan selalu tersedia di meja makan rumah tangga,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, padi varietas banjara adalah salah satu varietas padi unggu lokal, dari delapan varietas yang ada dan telah diakui negara. Khusus di Rongkong, selain banjara, varietas padi unggul lokal lainnya adalah bandarata, remaja, dan paresale. Turut hadir dalam acara ini Ketua DPRD Basir, Camat Rongkong dan Danramil Rongkong. (AM/LH)