Cegah Covid-19, Persakmik Lutra Sasar Tiga Kecamatan dengan OPD Terbanyak

LUTRA, DJOURNALIST.com – Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Cabang Luwu Utara tak ingin tinggal diam melihat fenomena pandemi covid-19 di Indonesia yang kian mewabah dan menjangkiti hampir seluruh wilayah di Indonesia dengan kasus ODP, PDP, Suspect dan Positif Covid-19, termasuk Luwu Utara.

Dengan potensi yang dimiliki, organisasi profesi ini mencoba membantu pemerintah mempercepat pencegahan covid-19 di Luwu Utara dengan melakukan Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Covid-19 kepada masyarakat, serta membagikan masker secara gratis kepada seluruh pengunjung di semua fasilitas layanan kesehatan, Selasa (14/4/2020).

Ketua Persakmi Lutra, Asmiati Thahir, menyebutkan, ada tiga kecamatan yang dikunjungi untuk melakukan kegiatan ini, yaitu Masamba, Malangke dan Baebunta. Dipilihnya tiga kecamatan ini disebabkan banyaknya Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah tersebut. Berdasarkan data terbaru, Masamba memiliki 25 ODP, disusul Malangke (22) dan Baebunta (21).

“Dalam kegiatan ini kita mengimbau masyarakat untuk memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah guna mencegah dan memerangi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang tak kelihatan dengan kasat mata,” kata Asmiati. Ia mengatakan, WHO telah mengeluarkan rekomendasi penggunaan masker, baik yang sehat maupun yang sakit.

Untuk itu, kata dia, seluruh masyarakat harus menggunakan masker ketika terpaksa beraktivitas di luar rumah. Masih kata dia, perilaku hidup bersih dan sehat juga harus senantiasa dipatuhi oleh masyarakat guna menghentikan penyebaran virus berbahaya ini. ”Jangan lupa sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun di air mengalir,” harap dia.

Tak kalah pentingnya, lanjut dia, memperbanyak mengonsumsi buah dan sayuran, minum vitamin, rajin olahraga, berjemur di bawah sinar matahari pagi, serta memeriksakan kesehatan jika ditemukan gejala demam, flu, batuk dan sesak nafas. “Insya Allah, kegiatan ini akan terus berlanjut dengan sasaran yang akan ditetapkan kemudian,” pungkasnya. (LH)