Dana Desa Tahap Pertama di Soppeng Tersalurkan

SOPPENG, DJOURNALIST.com – Sebanyak 5 desa di Kabupaten Soppeng telah tersalurkan Dana Desa (DD) Tahap I Tahun 2020 sebesar Rp2,49 miliar, Jumat 17 April 2020.

Dengan demikian seluruh desa di Kabupaten Soppeng sebanyak 49 desa telah tersalurkan seluruhnya DD tahap I sebesar Rp20,80 miliar.
Hal ini disampaikan oleh Kepala KPPN Watampone Rintok Juhirman via selulernya.

Di sisi lain, Rintok mengungkapkan bahwa Kabupaten Soppeng merupakan yang tercepat dalam penyaluran DD Tahap I Tahun 2020 di BOSOWA.

KPPN Watampone senantiasa mendorong Pemerintah Daerah dalam hal ini BPKAD dan DPMD untuk melakukan percepatan penyaluran DD tahap I Tahun 2020 agar dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa.
Diharapkan nanti dengan lebih awal pemanfaatan DD tidak menumpuk di akhir tahun anggaran.

“Diharapkan pula, bagi desa yang telah merealisasilan DD Tahap I dapat segera mengajukan DD Tahap II setelah memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa, antara lain berupa laporan realisasi penyerapan dan capaian output DD TA 2019, laporan realisasi penyerapan dan capaian output DD tahap I, dan Lembar Konfirmasi Penerimaan Dana pada RKD”harapnya.

Sementara itu, jelasnya, untuk mengantisipasi dampak pandemi Covid19 saat ini, Menteri Desa, Pembangaunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia telah mengeluarkan Peraturan Menteri Desa, PDTT RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Melalui peraturan baru tersebut, antara lain diatur terkait penanganan dampak pandemi Covid-19 dapat berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) – Dana Desa kepada keluarga miskin di desa sesuai dengan ketentuan perudang-undangan.