Dinkes Lutra: Banyak Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala di Rampi

LUTRA, DJOURNALIST.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara terus melakukan upaya pencegahan covid-19 secara masif, dengan menggelar kegiatan sosialisasi dan edukasi pencegahan covid-19 yang rencananya akan dilaksanakan di 15 kecamatan. Salah satu kecamatan yang disasar adalah Rampi, sebuah kecamatan terpencil di Luwu Utara, Kamis (16/4/2020).

Sosialisasi dan edukasi covid-19 ini dipimpin Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan, Andi Muhammad Nasrum. Menariknya, kegiatan sosialisasi dan edukasi dilakukan secara door to door alias dari rumah ke rumah, karena penerapan physical distancing harus terus diterapkan di tengah pandemi covid-19 berdasarkan protokol kesehatan yang dikeluarkan WHO.

“Kegiatan ini kita lakukan dalam rangka memutus mata rantai penularan covid-19 sekaligus melakukan monitoring pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di Puskesmas Rampi,” Kata Kadis Kesehatan, Andi Muhammad Nasrum. Dipilihnya Rampi sebagai lokus kegiatan karena minimnya akses informasi di kecamatan yang letaknya di wilayah pegunungan ini.

Selain mengimbau masyarakat untuk hidup sehat dan bersih, ia juga tak lupa mengingatkan seluruh petugas kesehatan untuk senantiasa waspada dalam melaksanakan tugas dan tetap dapat melindungi diri agar tidak tertular. “Sebagai garda terdepan, petugas kesehatan juga wajib melindungi dirinya agar tidak tertular covid-19,” ujar dia menambahkan.

Sementara Kabid Kesehatan Masyarakat, Syahruni, yang ikut dalam kegiatan ini menyebutkan di Rampi banyak pelaku perjalanan tanpa gejala yang harus diberi edukasi pencegahan covid-19. “Berdasarkan data Gugus Tugas, kasus ODP dan PDP di Rampi belum ada sama sekali, tapi pelaku perjalan tanpa gejala sudah banyak di sini,” ungkap Syahruni.

Usai sosialisasi, Dinkes Lutra juga memberikan masker dan stiker gratis kepada warga. “Semoga dengan kegiatan ini masyarakat bisa memahami cara pencegahan covid-19. Mari kita senantiasa mencegah agar tidak tertular dan menularkan dengan cara tinggal di rumah, rajin cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, serta jangan menyentuh wajah,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegaitan ini Kasi Promkes dan PM, Kasi Kesga dan Gizi, Kasi Alkes dan Staf Kesmas serta Kepala Puskesmas Rampi beserta jajarannya. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga Desa, yaitu Desa Dodolo, Onondowa dan Sulaku. Setelah ini, Puskesmas Rampi akan melakukan kegiatan yang sama di seluruh desa yang ada di Kecamatan Rampi. (LH)