Semua Desa di Sultan Lakukan Uji Publik Pendataan Penerima BLT Dana Desa

LUTRA, DJOURNALIST.com – Pemerintah Kecamatan Sukamaju Selatan (Sultan) terus berupaya merampungkan pendataan penerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD). Salah satu upaya tersebut adalah dengan melakukan tahapan uji publik di semua desa di Sultan selama lima hari. Dan itu sudah dimulai sejak Jumat pekan lalu.

“Kita di Sultan, semua desa kita uji publik dan disampaikan di rumah ibadah. Kami memang tidak memasang baligho, tapi kami cukup memasang nama-nama calon penerima bantuan melalui kertas yang kemudian ditempel di kantor desa, rumah ibadah dan rumah kepala dusun,” kata Camat Sultan, Anjas Rusli, Minggu (17/5/2020), saat dihubungi via ponselnya.

Menariknya, daftar calon penerima bantuan juga diumumkan melalui media sosial, seperti facebook. Bahkan kata dia, tidak hanya BLT-DD, tetapi semua jenis bantuan lainnya juga ditempel dalam bentuk kertas. “Lima hari kami lakukan uji publik ke masyarakat. Bukan hanya di tingkat desa, tapi uji publik juga kami lakukan di kecamatan,” jelas Anjas.

Hal itu ia lakukan untuk mengantisipasi jangan sampai ada warga desa yang belum puas saat uji publik di tingkat desa. “Warga yang belum puas di desa, kami minta datang ke kecamatan untuk menyampaikan keluhannya, sebelum SK-nya kami buat,” imbuhnya. Saat ditanya kapan kesiapan Sultan menyalurkan BLT-DD, ia mengatakan tergantung dinas terkait.

“Insya Allah, Senin kami usulkan ke PMD, mungkin dimulai dari Mulyoredjo,” sebut dia. Sebelum menutup pembicaraan, mantan Kabid Kesmas Dinas Kesehatan ini menuturkan bahwa pihaknya sangat terbuka dan siap melayani warga dengan transparan. “Prinsip kami adalah terbuka dan melayani. Alhamdulillah, semua merespon dengan baik,” pungkasnya. (LH)