Pemda Lutra Luncurkan Aplikasi Panduan Salat Idulfitri khusus di Rumah

LUTRA, DJOURNALIST.com – Belum tahu bagaimana cara melaksanakan salat idulfitri di rumah? Tak usah khawatir! Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Kominfo telah meluncurkan sebuah aplikasi khusus Panduan Salat Id di Rumah, Jumat (22/5/2020).

Aplikasi Panduan Salat Id di Rumah sebagai tindak lanjut dari hasil keputusan Rapat Terbatas bersama Forkopimda dan Pimpinan Organisasi Islam, yang dipimpin Bupati Lutra. Di mana Kominfo diminta menyiapkan e-Player Pedoman Ibadah Idulfitri khusus di Rumah.

“Aplikasi Panduan Ibadah Idulfitri Pemda Luwu Utara ini baru tersedia khusus untuk sistem operasi android dikarenakan untuk app store atau play store dibutuhkan waktu yang lebih lama,” kata Kadis Kominfo Luwu Utara, Arief R. Palallo, di Masamba.

Bagaimana cara mengunduh aplikasi ini? Arief Palallo mempersilakan men-download aplikasi ini melalui tautan https://bit.ly/3e9aTtT. Setelah berhasil, install aplikasi dengan cara membuka file yang baru saja diunduh.

Jika muncul peringatan keamanan, pilih INSTALL ANYWAY (jangan khawatir, peringatan ini tampil dikarenakan proses penginstalan aplikasi tidak melalui playstore jadi tetap mengklik tombol tetap install, kemudian jika ada pemberitahuan untuk melakukan pemindaian aplikasi silahkan klik pilihan jangan kirim)

“Nah, setelah semua langkah tadi dilakukan, silakan tunggu sampai proses instalasi selesai,” imbuh Arief. Mantan Kepala Kantor Pengelolaan Data Elektronik ini mengungkapkan bahwa aplikasi ini ia ramu dari berbagai referensi.

“Ini pedoman kita melaksanakan salat id di rumah. Kami ramu dari berbagai referensi, termasuk bahan yang disiapkan Kemenag, video protokol komunikasi publik dan video MUI. Insya Allah, aplikasi ini sangat membantu kita yang memilih salat id di rumah,” pungkasnya. Selain tata cara salat idulfitri, panduan ini juga berisikan maklumat bersama dan amalan-amalan sunnah lainnya. (LH)