Banggar Dewan Sulsel: Hingga 30 April Satgas Covid-19 Sulsel Gunakan Rp 101 Miliar

Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni'matullah.

Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni'matullah.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Sulsel menyepakati Rp 500 miliar untuk penanganan pandemi virus corona atau covid-19 di Sulsel.

Anggaran Rp500 miliar tersebut dicairkan dalam dua tahap, tahap pertama Rp250 miliar, kemudian tahap kedua Rp250 miliar.

Berdasarkan data dari Banggar, total anggaran yang telah digunakan oleh Satgas Gugus Covid-19 Sulsel hingga tanggal 30 April 2020, sebesar Rp101.771.809.274,47.

Wakil Ketua DPRD Sulsel, Ni’matullah Erbe mengatakan, sejak pandemi masuk ke Sulsel, DPRD melalui Banggar mendesak dan minta TAPD Pemprov untuk segera masukkan rencana anggaran penanganan covid-19, melalui mekanisme.

Perubahan parsial APBD lalu disepakat dan tetapkan anggaran sebesar Rp500 miliar sebagai plafond anggaran untuk upaya penanganan covid-19.

“Hasil penyisiran anggaran oleh TAPD Pemprov, berdasar SKB dua menteri, diperoleh angka sebesar Rp1,2 triliun, artinya pemprov bisa gunakan semua anggaran itu. Tapi kami di DPRD hanya menyetujui Rp500 miliar agar pengeluaran bisa terkontrol,” ujar Ni’matullah, Kamis 11 Juni 2020.

Meskipun demikian, namun angka kasus covid-19 di Sulawesi Selatan semakin hari semakin bertambah, berdasarkan data hingga Rabu 10 Juni 2020, tercatat 2381 orang positif, 758 sembuh dan 108 meninggal.

Menurut Ulla sapaan akrab Ni’matullah, bertambahnya jumlah kasus di Sulsel bukan persoalan gagal atau berhasil, sebab hal itu relatif.

“Soal persepsi atau bisa juga upaya framing, karena ukurannya berhasil atau gagal belum ditetapkan dan disepakati, ingat! ini pandemi, wabah yang melanda secara global semua negara. Bisa saja kita pada satu daerah sudah clear, tapi bila ada orang dari daerah atau negara lain yang datang, maka bisa saja ada lagi kasus baru,” ungkap Ketua Demokrat Sulsel ini.

Selain itu, kata Ulla, pihak DPRD Sulsel terus melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja dan penggunaan anggaran Satgas Gugus Tugas dalam hal penanganan Covid-19 Sulsel.

“Kami di DPRD sudah melakukan rapat-rapat, baik itu di banggar maupun di komisi E. Banyak sekali usulan, saran dan pertanyaan yang disampaikan anggota DPRD, termasuk saya pernah sampaikan beberapa saran di media terkait penanganan covid-19 ini. Jadi kami tidak diam, kami tetap melakukan pengawasan,”jelasnya.