Bupati Lutra Serahkan Bantuan Alsintan ke Kelompok Tani

LUTRA, DJOURNALIST.com – Sejumlah Kelompok Tani (Poktan) di Desa Bumi Harapan Kecamatan Baebunta menerima bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) dari pemerintah, Senin (15/6/2020). Alsintan ini terdiri dari dua unit cross sheller yang diberikan kepada poktan Siturutiga dan poktan Harapan, satu unit power thresher untuk poktan Tunas Muda II, satu unit pompa air untuk poktan Sikamale, serta satu unit traktor roda dua untuk poktan Kamal Indah.

Bantuan alsintan ini diserahkan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dan diterima oleh masing-masing perwakilan poktan. Salah seorang perwakilan poktan, Budiman, tak mampu menyembunyikan rasa bahagianya atas bantuan alsintan yang diberikan pemerintah. “Saya mewakili kelompok tani mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah atas bantuan yang telah diberikan kepada kami selaku kelompok tani,” kata Budiman.

Budiman bersama kelompok tani lainnya berjanji akan merawat dan memelihara alsintan tersebut sehingga bisa terus digunakan pengurus anggota poktan yang ada. “Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi kelompok tani yang ada di desa Bumi Harapan,” ucap dia. Ucapan terima kasih yang disampaikan Budiman sebagai perwakilan poktan diapresiasi Bupati Luwu Utara dengan menyebutkan bahwa bantuan ini sesungguhnya dari masyarakat. 

“Ucapan terima kasih lebih cocoknya untuk masyarakat sendiri karena masyarakat, khususnya petani, telah memastikan kebutuhan pangan masyarakat tetap tersedia di tengah pandemi covid-19,” ujar Indah.  “Masyarakat tidak perlu mengucapkan terimakasih karena sesungguhnya bantuan ini adalah dari masyarakat. Apa yang dibelanjakan oleh pemerintah daerah adalah dari masyarakat. Apalagi kalau masyarakat taat bayar pajak,” sambung dia.

Bupati Indah Putri Indriani berharap, sektor pertanian di masa pandemi covid-19 tidak boleh berhenti bergerak. Karena menurut dia, salah satu kebutuhan pangan yang harus tersedia di masa seperti sekarang ini adalah beras. “Alhamdulillah, kita di Luwu Utara tidak kekurangan beras, malah surplus beras. Ini adalah upaya kita untuk mewujudkan ketahanan pangan di daerah kita,” terang Bupati perempuan pertama di Provinsi Sulawesi Selatan ini.

Indah juga mengingatkan bahwa bantuan yang diberikan pemerintah daerah adalah bantuan yang sifatnya milik bersama, bukan milik orang per orang. “Karena bantuan ini milik bersama, maka saya harapkan bantuan ini tolong dipelihara dan dijaga dengan baik. Kita rawat agar masa pemakaiannya juga bertahan lama,” tandasnya. Turut hadir, Plt. Kadis TPHP Rusdi Rasyid, Camat Baebunta Andi Yasir Pasandre dan Kepala Desa Bumi Harapan. (AM/LH)