Dewan Makassar Syamsuddin Raga Sosper Perda Perlindungan Anak

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Maraknya kriminalitas di tengah masyarakat, Anggota DPRD Makassar Syamsuddin Raga melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah No 5 tahun 2018 tentang Perlindungan Anak.

Kegiatan ini dilangsungkan di Hotel Sarison Jalan Perintis Kemerdekan, Ahad 23 Agustus 2020.

Dalam pemaparannya, Syamsuddin Raga mengatakan, tindak kriminalitas yang melibatkan anak-anak tiap tahun mengalami peningkatan. Tindak kriminal seperti kejahatan jalan, pencurian, begal, geng motor, pembunuhan mendominasi.

Menurut SR akronim Syamsuddin Raga, banyak kejahatan yang melibatkan anak tidak lepas dari peran keluarga. Beberapa yang terlibat bahkan berasal dari anak-anak berasal dari keluarga. Bahkan, kata dia, anak juga kerap menjadi pemicu rentangnya perpecahan di keluarga.

Karena itu, ia mengingatkan bahwa selain pemerintah, masyarakat juga peran keluarga sangat penting dalam kehidupan anak.

“Persoalan anak sering buat cekcok di ranah keluarga. Pemerintah daerah berkewajiban dan bertanggung jawab menyelenggarakan soal perlindungan anak, dan pemerintah harus ambil bagian bagaimana menyikapi perlindungan anak,” ucap Syamsuddin.

Lebih lanjut, ia menegaskan, soal anak dijamin dan diatur dalam undang-undang (UU). Akan tetapi, hal ini sering kali orang tua tidak memahami hak dan kewajiban terhadap anak.

“Tentunya wajib dilindungi, dijamin dan dipenuhi oleh orang tua. Orang tua sangat berperan tentang perlindungan keselamatan dan masa depan anak,” pungkas Syamsuddin Raga.  (***)