Pilkada Sulsel 2020 Dapat Diusulkan Ditunda Jika Ini yang Terjadi

Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan Dewan Sulsel, Selle KS Dalle.

Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan Dewan Sulsel, Selle KS Dalle.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com  –  Dewan Sulawesi Selatan angkat bicara terkait satu komisioner KPU Sulawesi Selatan dan dua komisioner KPU Makassar positif Corona jelang Pilkada serentak di 12 daerah di Sulawesi Selatan.

Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan Dewan Sulawesi Selatan, Selle KS Dalle mengatakan,prihatin dengan kondisi saat ini. Di mana penyelenggara pemilu terpapar Corona. Padahal waktu pemilihan makin dekat.

Menurutnya, Pilkada Sulawesi Selatan dapat diusulkan ditunda kalau virus Corona mewabah hingga ketingkat pelaksana tehnis yaitu Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)

“Boleh diusulkan untuk di tunda. Skala lokal. Namanya tahap bencana kesehatan,”kata Selle, Selasa 29 September 2020.

Sebab dikhawatirkan muncul klaster baru jika dibiarkan. Karena jauh lebih baik mementingkan kesehatan rakyat daripada Pilkada diteruskan.

“Pemerintah pusat kan sudah memutuskan untuk tetap dilanjutkan. Tapi kalau ini mewabah ke KPPS lainnya di 12 daerah. Bisa diusulkan untuk ditunda,”ucapnya.

Lanjut politisi dari Fraksi Demokrat ini, sebaiknya penyelenggara pemilu hingga pengawas pemilu tetap mengedepankan protokol kesehatan agar virus Corona tidak menular ke orang lain.

“Ini perlu diwaspadai. Kalau semakin banyak yang terpapar karena dapat menganggu kualitas Pilkada. Apalagi target KPU dalam partisipasi pemilih cukup tinggi yakni 77 persen,”jelasnya.