Tokoh Muslim Toraja Puji Keberhasilan Nico-Victor

Calon inkumben Bupati Tator, Nicodemus Biringkana

Calon inkumben Bupati Tator, Nicodemus Biringkanae.

MAKALE,DJOURNALIST.com –  Kepemimpinan periode pertama Nicodemus Biringkanae – Victor Datuan Batara  di Tana Toraja sangat dirasakan oleh umat muslim di daerah tersebut sejak  tahun 2016. Itu terungkap dalam diskusi bertajuk “Program Pemerintah Pro Rakyat”  di warkop Makale, Jumat 16 Oktober 2020.

“Salah satu bentuk perhatian Nico dan Victor bagi umat muslim di Toraja adalah menghadirkan lomba LPTQ tingkat nasional termasuk menghidupkan kembali kegiatan keagamaan khususya kegiatan agama Islam. Berani berinisiatif menjadi tuan rumah lomba LPTQ Provinsi Sulsel. Semua ofisial kabupaten yang hadir terperangah,”kata Ketua Anshor NU Toraja Raya, M.Sidik Toaga.

Ia sangat merasakan pada saat pelaksanaam LPTQ,  toleransi anak muda Toraja dalam membantu ke panitaan juga ikut terlibat. “Dari pemuda Gereja pun ikut terlibat menjadi panitia. Era sebelumnya tidak ada Bupati yang siap melakukan itu,”ucapnya.

Sidik lalu mengulas  bahwa sejak Nico dan Victor dilantik 2016 lalu program keagamaan dari Pemda Toraja tersentuh dan sangat dirasakan oleh warga Tana Toraja. Keduanya  memperlakukan sama semua kelompok. Dari kristen hingga muslim. Tak terkecuali Aluk Todolo sebagai kepercayaan pertama di Toraja. Semua diberi kesempatan yang sama dalam melaksanakan agenda masing-masing.

“Untuk muslim sendiri, Nico-Victor mungkin saja satu-satunya Bupati dan Wakil Bupati non Muslim yang meng-umrahkan imam masjid dan marbot,”tutur Sidik.

Termasuk berbagai kegiatan lainnya seperti lomba Qasidah dan peringatan hari besar Islam diselanggarakan oleh Pemda. (Rilis)

“Kami harus mendukung Nico-Victor menjabat dua periode. Hanya itu bisa kami lakukan, karena kami tak tahu bagaimana menebus kebaikan beliau berdua,” jelasnya. (Rilis)