Besok, Pansus Ranperda Ketertiban Umum Gelar RDP dengan Satpol PP di 24 Daerah

Anggota Pansus Ketertiban Umum Dewan Sulsel, Mangunsidi Massarapi.

Anggota Pansus Ketertiban Umum Dewan Sulsel, Mangunsidi Massarapi.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Pantia khusus (Pansus) Ranperda Ketertiban Umum DPRD Sulawesi Selatan bakal menggelar rapat dengar pendapat dengan seluruh kepala satuan polisi pamong praja di 24 Kabupaten/Kota. Tujuannya untuk mendengarkan masukan terkait ranperda ini.

“Besok (Selasa) kami undanga kepala satuan polisi pamong praja (Satpol PP) di 24 Kabupaten/kota,”Anggota Pansus Ranperda Ketertiban Umum,Mangunsidi Massarapi di ruang Komisi E Dewan Sulawesi Selatan, Selasa 20 Oktober 2020.

Ia menjelaskan, Satpol PP diundang untuk mendengarkan masukan dari mereka. Sebab setiap daerah berbeda-beda usulannya sebelum Ranperda ini dibahas pasal per pasal.

“Termasuk subtansinya beberapa larangan misalnya menyimpan barang atau bahan bangunan di trotoar dan ada juga terkait larangan permintaan sumbangan di badan fasilitas umum,”katanya.

Lanjut mantan Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan Sulsel itu menyebut, adapula sanksi bagi masyarakat yang melakukan pelanggaran bila Ranperda ini telah disahkan.

“Bagi yang melakukan pelanggaran sanksinya Rp 50 juta dan hukuman penjara 3 bulan,”tegas politisi dari Fraksi Gerindra Sulsel ini.