Soal Bantuan Pemda Tator ke Prajurit TNI, Media Salah Penafisiran

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1415 Tana Toraja Letkol Zainal Arifin.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1415 Tana Toraja Letkol Zainal Arifin.

MAKALE, DJOURNALIST.com – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1415 Tana Toraja Letkol Zainal Arifin mengancam akan melakukan somasi media yang mempelintir pernyataan kutipan bantuan Pemda Tana Toraja ke TNI-Polri. Dandim Tana Toraja bahkan menyesalkan adanya pihak dari akun media sosial dan media yang dia anggap merusak citra lembaganya.

Zainal menyebut telah terjadi penafsiran yang berbeda dari oknum wartawan lalu sengaja dimainkan oleh media sosial dari tim paslon tertentu yang mengutip pernyataan dari Nicodemus Biringkanae mengenai bantuan Pemda terhadap prajurit TNI asal Tana Toraja yang dinyatakan lulus dan akan melanjutkan pendidikan di Pakkatto Kabupaten Gowa.

“Oknum wartawan atau non simpatisan yang menggoreng dengan kutipan 98 juta/orang. Ini bisa saya somasi kalau perlu,” tegas Zainal kepada awak media di Tana Toraja, Jumat 6 November 2020.

Ia lalu meminta kepada media yang memuat agar mengoreksi karena dapat dikategorikan pencemaran terhadap institusinya.

Sebah lanjut Zainal, yang terjadi di lapangan dan kenyataannya adalah calon Bupati Inkumben Tana Toraja, Nicodemus menceritakan bahwa Pemda Tana Toraja membantu biaya transportasi dari Toraja ke Mamuju.

Jumlah Casis (Calon Siswa) sekitar 200-an orang, termasuk membiayai akomodasi dan konsumsi Casis, hingga pemberangkatan ke Pakkatto, Kabupaten Gowa. Bantuan itu meliputi membantu pelatihan fisik, transportasi dari Tator ke Mamuju, dan juga dari Tator ke Pakatto.
Menurutnya, saat ini ada 73 Tamtama. jumlah ini sudah alokasi dari Komando Atas untuk Kodim Tator, 42 Tamtama dari Tator, 31 Tamtama dari Torut.

“Karena Kepedulian Pemda Tator terhadap warganya,” jelas Zainal.

Lebih lanjut Zainal menyebut bahwa apa yang dilakukan oleh Pemda Tana Toraja tersebut adalah bentuk kepedulian dalam mengajak para pemuda Tana Toraja menjadi Catam (Calon Tamtama) TNI Angkatan Darat.(Rilis)