RPG : Pemuda Berperan Aktif Sebagai Kekuatan Moral dan Agen Perubahan

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Rudy P Goni anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kegiatan penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2018 di Hotel Claro, Sabtu, 14 November 2020.

Kegiatan ini diikuti warga Kecamatan Tamalate, yang hampir sebagian tokoh pemuda dan mahasiswa, yang terdiri dari pemuda Kelurahan Barombong, Maccini Sombala, Mangasa, Jongaya dan Kelurahan Balang Baru.

Dalam sambutannya RPG menjelaskan bahwa substansi perda ini adalah bagaimana pemerintah daerah berwenang melaksanakan upaya penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan pemuda dan kepemudaan.

“Pemuda dapat melaksanakan kemitraan berbasis program, dimana pemerintah daerah memfasilitasi terselenggaranya kemitraan secara sinergis antara pemuda atau organ kepemudaan dengan dunia hasil atau pihak ketiga,”kata Rudy yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sulawesi Selatan.

Sementara itu Sekretaris BMI Sulsel, Raisuljaiz sebagai narasumber menegaskan bahwa ada tiga peran pemuda yang harus dilaksanakan.

Pertama pemuda sebagai Ageng Of Change. Pemuda dapat melakukan perubahan-perubahan dalam lingkup kemasyarakatan, menuju kearah yang lebih baik.

Kedua, pemuda sebagai Agent Of Development, dimana pemuda memiliki peran dan tanggungjawab dalam upaya melancarkan atau melaksanakan berbagai macam pembangunan diberbagai bidang.

Ketiga, Pemuda sebagai Agent Of Modernizations, dimana pemuda wajib memiliki kemampuan dalam menganalisa perubahan zaman yang pastinya memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan daerah.

Kegiatan penyebarluasan Peraturan Daerah ini memakai standar protap Covid 19 dimana peserta diwajibkan memakai masker dan pengecekan suhu tubuh. (***)