Dewan Sulsel Target Ranperda Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi Rampung Bulan Ini

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Pansus ranperda pemberian insentif dan kemudahan investasi terus digodok di DPRD Sulawesi Selatan. Setelah sempat tertunda pada tahun 2020 lalu.

Ketua Pansus Ranperda Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi, Andi Januar Jaury Darwis menjelaskan, hingga saat ini pembahasannya sudah memasuki draf keempat. Selanjutnya masuk draf kelima.

“Artinya sudah masuk dalam tahap finalisasi dan kemudian di sahkan melalui rapat paripurna. Makanya kami target akhir bulan ini sudah rampung,”kata Januar seusai menggelar rapat pansus dengan pihak terkait di DPRD Sulawesi Selatan, Selasa, 12 Januari 2021.

Menurutnya, ranperda ini sangat dibutuhkan di daerah ini karena akan mempermudah bagi para investor yang ingin menanam modal di Sulawesi Selatan. Sebab Sulawesi Selatan mempunyai kekayaan alam yang cukup bagus. Sehingga nantinya dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD). Apalagi ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda negara ini.

“Ini dapat membangkitkan gairah perekonomian. Bayangkan jika investor menanam saham dengan pitensi yang kita miliki. Misalnya sektor perikanan, pertambangan, dan gas,”ucap politisi dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Lanjut Januar, kemudahan yang didapat dari perda ini adalah para investor akan mendapat kemudahan sektor pajak dan akses perizinan. “Tapi kebijakan ini hanya berlaku selama lima tahun saja,”tutur Januar.

Ia berharap, pemerintah provinsi dalam hal ini Gubernur Nurdin Abdullah segera menindaklanjuti ranperda ini setelah ditetapkan menjadi perda.

“Ranperda ini merupakan inisiasi dari DPRD dan insya Allah dapat menguntungkan pemerintah kabupaten/kota di 24 daerah di Sulawesi Selatan,”jelasnya. (***)