Dewan Makassar Minta Pemkot Serius Benahi Drainase

Anggota DPRD Makassar, Anwar Faruq.

Anggota DPRD Makassar, Anwar Faruq.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Beberapa hari ini Makassar dilanda hujan yang nyaris tanpa henti. Hal tersebut tentu akan berpotensi mengundang banjir di kota Makassar, apalagi kota ini sudah menjadi langganan banjir. Anggota Komisi C DPRD Kota Makassar Anwar Faruq meminta pada Pemkot Makassar untuk segera melakukan kerja-kerja komprehensif, mulai dari pembenahan selokan yang kecil hingga drainase utama yang besar.

“Memang untuk menyelesaikan banjir di Makassar ini harus secara komprehensif. Kalau dari kecil-kecil mulai dari saluran, selokan-selokan di RT/RW, ini harus dikelola dengan baik dan bersih. Artinya tidak ada sampah di sana,” ujar Anwar, Senin, 18 Januari 2021.

Anwar juga mengatakan, bahwa salah satu yang menyebabkan banjir adalah terjadinya penyumbatan di selokan. Hal tersebut terjadi karena banyak sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat. Maka Anwar juga berharap, masyarakat bisa sadar lingkungan.

“Ini terjadi banjir karena ada penyumbatan, ada sedimen yang juga dari sampah dari masyarakat. Jadi saya juga mengimbau agar masyarakat sadar, tidak membuang sampah sembarangan. Jangan diselokan,”katanya.

Namun, Pemkot Makassar juga tak harus tinggal diam, meski salah satu penyebab banjir adalah kurangnya kesadaran lingkungan masyarakat. Pemkot Makassar sudah harus serius dalam membenahi drainase dari hulu ke hilir.

“Perbaikan drainase dari hulu ke hilir. Artinya dari drainase yang kecil dulu dari yang tersier, kemudian selokan yang besar, kemudian selokan primer atau utama. Ini harus diperbaiki, dikeruk, dan yang paling penting adalah kanal. Ini harus komprehensif melibatkan Pemkot Makassar dalam hal ini PU Kota hingga PU Provinsi,”tutur politisi PKS ini.

“Karena kalau kita lihat banjir-banjir dari kompleks seperti Pettarani, banjirnya itu bukan main. Solusinya ini harus tuntas. Bikin selokan besar mungkin atau bikin penampungan air. Saya mengimbau agar ada perbaikan komprehensif untuk perbaikan drainase dan penyadaran pada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,”jelasnya.