JPS Kirim Bantuan 150 Paket Gempa Sulbar

Relawan Jurnalis Peduli Sulawesi Barat (JPS) mengatur paket bantuan logistik di Posko JPS, sekertariat AJI Makassar, Kompleks Puri Taman Sari, jalan Puri Raya VII Blok A9, nomor 17 Makassar, Sulsel, Kamis, 21 Januari 2021. Paket bantuan logistik kemanusiaan ini rencana disalurkan ke sejumlah lokasi pengungsian dampak gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat. FOTO/Dokumentasi JPS Sulsel.

Relawan Jurnalis Peduli Sulawesi Barat (JPS) mengatur paket bantuan logistik di Posko JPS, sekertariat AJI Makassar, Kompleks Puri Taman Sari, jalan Puri Raya VII Blok A9, nomor 17 Makassar, Sulsel, Kamis, 21 Januari 2021. Paket bantuan logistik kemanusiaan ini rencana disalurkan ke sejumlah lokasi pengungsian dampak gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat. FOTO/Dokumentasi JPS Sulsel.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Sejumlah lembaga Jurnalis yang tergabung dalam Jurnalis Peduli Sulawesi Barat (JPS) segera menyalurkan bantuan logistik kemanusiaan yang dikumpulkan relawan dari donasi para dermawan serta jurnalis atas kepedulian bencana alam gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo berdampak di Kabupaten Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat, Jumat, 15 Januari 2021.

Ketua Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Makassar Nurdin Amir mengatakan, aksi kemanusiaan ini dilakukan atas kepedulian dan reaksi rekan-rekan jurnalis untuk ikut membantu para korban dampak gempa Sulbar termasuk jurnalis yang ikut terdampak bencana itu.

“Teman-teman jurnalis langsung tergerak untuk ikut terlibat mengumpulkan donasi dari dermawan dan jaringan masing-masing guna membantu para korban sebagai bagian dari misi kemanusian,” tutur Nurdin di Posko JPS, Makassar, Kamis, 21 Januari 2021.

Bantuan tahap pertama yang segera dikirim ke Sulbar, tercatat ada 150 paket logistik, berisi bahan makanan, hand sanitizer, masker hingga minyak angin, dan pokok bayi yang sangat diperlukan di kamp pengungsian.

Ia mengemukakan, pada prinsipnya aksi kemanusiaan ini dilakukan atas inisiatif serta keprihatinan jurnalis secara terkoordinir membantu dalam meringankan beban para korban bencana, apalagi situasi dan kondisi di tengah pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) ditambah cuaca ekstrim yang melanda Indonesia.

Gerakan peduli kemanusiaan ini atas inisiasi lembaga jurnalis seperti Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, bersama Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah (Pengda) Sulselbar, dibantu IJTI Pengda Kalimantan Utara, beserta Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar.

Nurdin menjelaskan, JPS bergerak bukan hanya menggalang dana di kalangan para jurnalis dan para dermawan yang ikut berpartisipasi memberikan bantuan, pihaknya juga memfasilitasi para donatur yang ingin menyisihkan sedikit hartanya guna membantu korban yang terdampak gempa Sulbar.

Saat ini, bantuan lebih diutamakan pada kebutuhan dasar para korban gempa Sulbar di Majene dan Mamuju. Seperti sembako, kebutuhan dan perlengkapan balita serta perempuan di tenda- tenda pengungsian pada dua daerah terdampak.

Bagi dermawan yang ingin mengantarkan langsung bantuan logistik dapat dibawa ke Posko JPS, kompleks Puri Taman Sari, jalan Puri Raya VII Blok A9, nomor 17 Makassar, Sulsel.

Hingga saat ini, JPS masih membuka donasi bukan hanya menerima bantuan bahan makanan, tapi juga membuka rekening untuk penyaluran dana bagi para donatur. Donasi bisa langsung dikirim ke rekening Mandiri dengan nomor 17400 0060 3951 atas nama Erwin Ijarta.

Selanjutnya, rekening BNI nomor 67899 1111 6 atas nama Pewarta Foto Makassar. Bagi donatur yang sudah mengirimkan donasinya diharapkan mengonfirmasi ke nomor WhatsApp +62 812-4142-7429 untuk donasi di Bank Mandiri dan nomor WA nomor +62 811-4458-811 untuk BNI.

Ketua IJTI Sulsel Muhammad Sardi menambahkan, JPS juga menawarkan jasa pengangkutan bantuan secara gratis bagi dermawan dan relawan yang akan mengirimkan bantuan bagi
korban gempa Sulbar. Paket bantuan bisa diantar ke posko JPS untuk sekian diantarkan ke titik lokasi tujuan.

“Bagi dermawan atau donatie yang bingung mengirimkan bantuan ke Sulbar JPS siap memfasilitasi pengantaran. Jadi nanti paket bantuan yang akan dikirim, dituliskan keterangan akan disalurkan kemana. Nanti akan diturunkan sesuai titik tujuan,” tambahnya.