Dewan Sulsel Setuju PTT Lingkup Pemprov Dirasionalisasi

Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan Dewan Sulsel, Selle KS Dalle.

Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan Dewan Sulsel, Selle KS Dalle.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Sulawesi Selatan, Selle KS Dalle menyetujui langkah Pemerintah Provinsi yang ingin merumahkan pegawai tidak tetap (PTT). Agar anggaran yang diberikan ke mereka dapat dialihkan ke sektor lainnya.

“Memang perlu pelan-pelan. Tidak sekaligus dilakukan rasionalisasi,”kata Selle, Senin,25 Januari 2021.

Ia menjelaskan, jumlah PTT di lingkup Pemprov cukup tinggi. Sehingga butuh perhatian yang dinilai malas dan tidak produktif dirumhkan.

“Coba bayangkan, anggaran yang harus dikeluarkan Rp 400 miliar per tahun. Sementara mereka juga ada yang tidak produktif. Kalau dirasionalisasi Rp 200 miliar bisa dialihkan ke sektor lain anggaran itu,”tutur politisi dari Fraksi Demokrat ini.

Tapi ia menghimbau, agar mereka tidak langsung dirumahkan tetapi harus dibekali pelatihan berupa keterampilan agar mereka dapat membuka lapangan kerja baru.

Sebanyak 100 lebih pegawai tidak tetap (PTT) Biro Umum dan Perlengkapan, Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terancam dirumahkan.

Informasi yang dihimpun, Biro Umum menggelar asesmen untuk menguji kelayakan seratusan PTT yang selama ini bekerja di sana. Ujian tersebut dilakukan sejak sepekan lalu dan berakhir, kemarin dengan tahapan wawancara.