Pekan Ini Dewan Makassar Gelar Rapat Paripurna Penetapan Hasil Pilwali 2020

Wakil Ketua DPRD Makassar Andi Suhada Sappaile.

Wakil Ketua DPRD Makassar Andi Suhada Sappaile.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar akan menggelar sidang paripurna dengan agenda penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

“Paripurna penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar terpilih pada 28 Januari. Ini sudah kami sepakati dalam rapat Bamus,” ujar Juru Bicara Bamus, Kasrudi saat ditemui di ruangannya, Selasa, 26 Januari 2021.

Rapat paripurna tersebut merupakan tindaklanjut setelah diterimanya salinan hasil penetapan pasangan wali kota terpilih dari KPU Makassar ke DPRD, Senin, 25 Januari kemarin.

Menurutnya, berdasarkan Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 Pasal 160 A ayat 2, DPRD Kabupaten/Kota mengusulkan penetapan pasangan calon terpilih kepada menteri melalui gubernur.

“Paling tidak terhitung setelah 14 hari sejak salinan surat penetapan itu dikirim ke Mendagri melalui gubernur, maka wali kota dan wakil wali kota terpilih akan dijadwalkan dilantik,”katanya.

“Jadi menurut aturan, sekitar 17 Februari 2021 dilantik. Mengapa dipercepat, supaya bisa dilantik dan Makassar bisa dipimpin walikota definitif. Harapan kami wali kota terpilih dapat merealisasikan program dan visi misinya saat kampanye. Agar pelayanan masyarakat bisa berjalan maksimal,“ ucapnya.

Ketua Bamus, Andi Suhada Sappaile menambahkan, menurut aturan resmi, jadwal pelantikan kepala daerah terpilih akan ditetapkan dalam 14 hari setelah salinan tersebut dikirim ke Mendagri.

“Namun apakah mau ditindaklanjuti atau ada kendala lain, wewenang ada di Kemengari jadwal pelantikannya,” ungkap Ketua DPC PDI Perjuangan Makassar ini.

Sebelumnya, KPU Makassar resmi mengumumkan melalaui rapat pleno terbuka menetapkan pasangan calon Wali kota dan Wakil Wali kota Makassar Mochammad Ramdhan Pomanto – Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) di Phinisi Ballroom, Hotel Claro, jalan A.P Pettarani, Makassar, Sabtu, 23 Januari pekan lalu.