Gubernur Masih Menunggu Juknis Pelantikan Kepala Daerah Pemenang Pilkada 2020 di Sulsel

Gubernur Nurdin Abdullah.

Gubernur Nurdin Abdullah.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com  –  Juru Bicara Gubernur Sulsel Veronica Moniaga mengatakan, pelantikan kepala daerah pemenang Pilkada 2020 masih menunggu petunjuk tehnis dari Kementerian Dalam Negeri. Apakah dilakukan secara virtual atau dilantik di kantor gubernur dan di setiap wilayah.

“Pak Gubernur Nurdin Abdullah masih menunggu juknisnya,”kata Veronica ketika dikonfirmasi Djournalst.com melalui pesan WhatsApp, Kamis, 18 Februari 2021.

Tapi Nurdin Abdullah mengakui, calon pemenang Pilkada pada 9 Desember 2020 lalu meminta dilantik secara langsung. Tapi berdasarkan surat edaran dari Kemendagri dihimbau dilakukan secara virtual karena kondisi pandemi Covid-19.

“Sekali lagi hal ini belum ada kepastian,”katanya.

Dari 12 kabupaten dan kota di Sulsel yang menggelar Pilkada serentak 2020, lanjut Veronica, hanya 11 kepala daerah yang akan dilantik pada Februari ini. sedangkan satu calon kepala daerah untuk Kabupaten Toraja Utara akan dilantik pada Maret.

“Masa jabatan kepala daerah untuk Kabupaten Toraja Utara baru berakhir pada bulan Maret,”ucapnya.

Ia menambahkan,mengenai tanggal pasti pelantikan, masih menunggu SK dari Kemendagri dan juga hasil sengketa Pilkada yang tengah bergulir di Mahkamah Konstitusi.

“Memang mengenai surat edaran Kemendagri disampaikan pelantikan dilaksanakan minggu keempat februari 2021.Bahkan sempat beredar tanggal 25 Februari. Tapi kami tetap menunggu SK dari kemendagri. Jadi masih tentatif namun mereka memberi range minggu keempat bulan ini. Bisa tanggal 25, 26, dan 27,”jelasnya.