Dewan Makassar Minta Inspektorat Segera Audit Aset Dinsos

Anggota DPRD Makassar dari Fraksi Partai Demokrat Fatma Wahyuddin.

Anggota DPRD Makassar dari Fraksi Partai Demokrat Fatma Wahyuddin.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Komisi D (Bidang Kesejahteraan Masyarakat) DPRD kota Makassar meminta kepada Pemerintah kota Makassar agar menginstruksikan inspektorat untuk melakukan audit aset Dinas Sosial kota Makassar.

Hal ini berkaitan dengan banyaknya aset yang tidak diketahui kemana perginya. Komisi D mendapatkan temuan lapangan tersebut saat melakukan inspeksi mendadak di Kantor Dinsos Makassar, Rabu 7 April 2021.

“Tadi saya melihat data terkait aset bergerak dan aset tidak bergerak. Saya menanyakan beberapa terkait dengan aset bergeraknya dan mereka tidak tahu. Ada beberapa item yang saya tanyakan tetapi mereka malah tidak tahu,” ujar ketua rombongan Sidak, Fatma Wahyudin.

“Jadi, saya minta Pemerintah Kota memberi instruksi kepada Inspektorat untuk melakukan audit terkait dengan aset Dinas Sosial, baik itu yang bergerak maupun yang tidak bergerak,” lanjutnya.

Lebih jauh legislator dari fraksi Partai Demokrat itu menilai, status aset yang dimiliki oleh Dinas Sosial harus jelas keberadaannya. Sebab, semua itu berkaitan dengan fasilitas yang harus digunakan untuk kepentingan masyarakat luas.

Terlebih lagi, selain beberapa aset bergerak yang tidak diketahui keberadaannya, aset tidak bergerak seperti gedung dan barang-barang penunjang pekerjaan juga sudah banyak yang tidak layak pakai.

“Tadi kami temukan juga ada yujuh unit komputer yang rusak. Harus disambung ke televisi supaya bisa digunakan. Kemudian gedungnya juga kurangblayak. Sempit, sumpek, juga ada yang bocor,” jelasnya.

Dengan begitu, Fayma meminta agar ada perbaikan dengan segera. Mengingat, banyak data penting yang harus diselamatakan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya juga melihat bangunannya ini sudah tidak representatif untuk Dinas Sosial. Di sini banyak data yang diolah dan didata di sini, sementara saat ini musim banjir. Jangan sampai data-data masyarakat yang sudah dikumpulkan terkena hujan dan banjir, mungkin sebaiknya pemerintah kota bisa memperhatikan untuk diadakan rehabilitas,” tegasnya

Inspeksi Mendadak ini turut dihadiri oleh sejumlah anggota Komisi D DPRD Makassar, seperti Ketua Komisi mereka, Abdul Wahab Tahir, Fatma Wahyudin, Budi Hastuti, Rizky, Al Hidayat