Pansus Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin DPRD Sulsel Kunker ke Sinjai

Panitai Khusus (Pansus) DPRD Sulawesi Selatan, Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Bantuan Hukum bagi masyarakat miskin, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sinjai, Jumat 30 Juli lalu.

Panitai Khusus (Pansus) DPRD Sulawesi Selatan, Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Bantuan Hukum bagi masyarakat miskin, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sinjai, Jumat 30 Juli lalu.

SINJAI,DJOURNALIST.com – Panitai Khusus (Pansus) DPRD Sulawesi Selatan, Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Bantuan Hukum bagi masyarakat miskin, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sinjai, Jumat 30 Juli lalu.

Dalam kunjungan ini, Pansus di Pimpin langsung oleh Azhar Arsyad, dan diterima langsung oleh bupati sinjai, A. Seto Gadista Asapa. Kemudian, Ketua DPRD Kabupaten Sinjai, Ketua Bapemperda DPRD Sinjai, Sekretaris Daerah kabupaten Sinjai dan beberapa kepala OPD Kabupaten Sinjai.

Kunker ini dimaksudkan dalam rangka menggali informasi dan meminta masukan terkait dengan ranperda bantuan hukum yg sementara dibahas oleh Pansus DPRD.

Azhar Arsyad mengatakan, ranperda ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita di Sulsel untuk membuka akses pelayanan hukum bagi masyarakat miskin.

“Tentu saja kita berharap perda ini akan implementatif dan menjadi sesuatu yg baik dan berguna bagi masyarakat di sulsel,” ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Ahad 1 Agustus 2021.

Bupati Sinjai, A. Seto mengatakan, perda bantuan hukum di Kabupaten sinjai telah hadir pada Tahun 2013 dan sangat implementatif bagi masyarakat sinjai pada khususnya.

“Pemda Sinjai, dengan adanya perda ini dapat mengurangi beban bagi masyarakat atau bahkan tdk mengeluarkan biaya sama sekali. Masyarakat sinjai sangat mengapresiasi dgn adanya perda tentang bantuan hukum ini,” ujar Seto.

Menurutnya, bantuan hukum gratis yang diterapkan oleh pemerintah kab sinjai diharapkan mendapat sinkronisasi dengan perda yg sementara dibahas di DPRD prov. Sulsel.

“Kita bisa bersinergi bersama, untuk menyempurnakan perda yg sudah ada, dan memberi manfaat bagi seluruh masyarakat sulsel,” bebernya.

Selle KS Dalle menambahkan bahwa, Kabupaten Sinjai ini menjadi salah satu yang terdepan di dalam bantuan hukum bagi masyarakat miskin.

“Kami sangat mengapresiasi kunjungan kerja ini sekaligus menjadi bahan pembelajaran dan saling memberi masukan untuk kita semua khususnya bagi pansus DPRD prov. Sulsel,” papar Selle.

Sementara itu, Meity Rahmatia menuturkan bahwa, pihaknya sangat mengapresiasi perda bantuan hukum di kabupaten Sinjai.

“Kita berharap semua dengan adanya perda ini akan bisa memberi contoh kepada Kabupaten yg lain di dalam proses bantuan hukum bagi masyarakat miskin,” beber Maity.

Sekedar diketahui, pada kunjungan pertemuan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada mengingat masih dalam suasan Pandemi Covid-19.