Aras Berharap Bendungan di Kabupaten Wajo Yang Diresmikan Jokowi Dapat Membantu Ketahanan Pangan

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Anggota Komisi V DPR, Muhammad Aras berharap bendungan Paselloreng dan Gilireng yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, dapat membantu ketahanan pangan di daerah ini.

“Saya memiliki harapan yang sama dengan pak Jokowi. Bahwa Kabupaten Wajo, diharapkan mampu menjadi bagian dari daerah yang turut memperkuat ketahan pangan daerah, khususnya wilayah timur,”kata Aras melalui pesan virtual, Kamis, 9 September 2021.

Menurutnya, bendungan yang telah dibangun, selain berfungsi untuk pengairan sawah, juga sebaiknya dikolela dengan profesional untuk akses wisata masyarakat. Sehingga memiliki nilai ekonomis bagi PAD.” Namun jangan lupa, bahwa pemerintah derah dan masyarakat harus bekerjasama menjaga alam dan lingkungan agar tetap terjaga lestari,”tutur politisi dari Fraksi PPP ini .

Adapun Presiden Jokowi menjelaskan, bendungan yang dibangun sejak 2015 lalu dengan anggaran Rp 771 miliar siap difungsikan, dan sudah dilengkapi bendung irigasi Gilireng yang akan sangat bermanfaat untuk mendukung Sulawesi Selatan sebagai lumbung pangan nasional.

“Hadirnya bendungan Paselloreng membuka harapan baru bagi masyarakat Kabupaten Wajo dalam penataan pangan daerah, dengan harapan ke depannya dapat menjadi bagian dari program pemerintah yaitu memperluas dan memperkuat pangan nasional,”ujar Jokowi saat peresmian.

Acara peresmian yang juga dihadiri langsung Menteri PUPR, Menteri Sekretaris Kabinet, Kapolri, Panglima TNI,  Perwakilan Anggota Komisi V DPR RI dan juga Bupati Wajo, Amran Mahmud secara terbatas dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.

Bendungan ini merupakan bendungan yang memiliki daya tampung air dengan volume 138 juta meter kubik, luas genangan 1258 Ha, dan diprediksi mampu mengairi sawah hingga 8500 Hektare. Spesifikasi ini diharapkan mampu menambah kualitas hasil panen dan nilai jual yang tinggi di masyarakat.